Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025

Indonesia

Authors

  • Marci Rosalina Mellu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Sanhedri Boimau Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Arnot A. Kolnel Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.509

Keywords:

Kemampuan, Argumentasi, Pembelajaran, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menulis argumentasi dengan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025. Manfaat dalam penelitian ini adalah, bagi guru: peneliti memberikan wawasan baru bagi guru tentang bagaimana merancang pembelajaran berbasis masalah. Bagi siswa: siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis argumentasi yang baik. Bagi peneliti: peneliti dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pengetahuan khususnya dalam bidang pendidikan bahasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP Negeri 1 Kota Kupang cukup terampil dalam kemampuan menulis argumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan menurut standar pengukuran dalam hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kota Kupang diketahui bahwa tingkat kemampuan dalam menulis argumantasi dikategorikan cukup terampil dengan memperoleh nilai rata-rata 68,75.

This study aims to describe students' ability to write arguments with a problem-based learning model for class IX F students of SMP Negeri 1 Kota Kupang in the 2024/2025 Academic Year. The benefits of this study are, for teachers: researchers provide new insights for teachers on how to design problem-based learning. For students: students can develop good argumentative writing skills. For researchers: researchers can contribute to the development of knowledge, especially in the field of language education. The results of the study showed that students of SMP Negeri 1 Kota Kupang were quite skilled in their ability to write arguments. Based on the results of data analysis and according to the measurement standards in the learning outcomes of students of SMP Negeri 1 Kota Kupang, it is known that the level of ability in writing arguments is categorized as quite skilled with an average score of 68.75.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adriessen, 2006. Keterkaitan Antara Menulis Argumentasi Dengan Interaksi Social dan Kolaborasi. Bandung: Rineka Cipta.

Barrows dan Tamblyn, 1980. Pembelajaran Berbasis Masalah Adalah Pendekatan Instruksional Yang Berpusat Pada Siswa. Jakarta : Aneka Jaya.

Duch Groh dan Allen, 2001. PBL Mendorong Siswa Untuk Menjadi Pelajar Yang Lebih Mandiri.

Hmelo-Silver, 2004. Keaktifan Siswa Dalam Mendiskusikan Pembelajaran Berbasis Masalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Johnson dan Johnson, 2009.Johnson dan Johnson, Pembelajaran Berbasis Masalah, (Problem-Based Learning, PBL) Membantu Siswa Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Bandung: Angkasa Raya.

Jonassen, D.H. (1997), instructional design models for well-sructured and ill-structured problem-solving learning outcomes. Educational tehnology research and development, 45(1), 65-94. Yogyakarta: VC.Nur Cahaya.

Kuhn, 2018.Pentingnya Latihan Menulis Argumentasi, Terutama Ditingkat Sekolah. Jakarta: Gunung Agung

Masohi, A. (2021). Metode deskriptif kualitatif dalam penelitian sosial. Nama jurnal, 15(2), 42-51. https://doi.org/xxxx. Nusa: Indah.

Santrock, J.W. 2011. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.Jakarta: PT. Gramedia.

Shoimin, 2014. dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Kerangka Argumentasi Siswa Kelas IX”. Yokyakarta: Ombak.

Sweller, J. (1988), cognitive load during problem silving: Effects on learning. Cognitive science, 12(2), 257-285. Yokyakarta: Yaninius.

Trianto, 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivisik. Jakarta: prestasi Pustaka.

Widodo, 2017.Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, 2007.penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Mellu, M. R., Boimau, S., & Kolnel, A. A. (2025). Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IX-F SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2024/2025: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 47–56. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.509

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>