Pelatihan Meningkatkan Teknik Dasar Long Serve dalam Permainan Bulu Tangkis Melalui Metode Blocked Partice Pada Siswa Putra Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah
Indonesia
Keywords:
Teknik Dasar, Long Serve, Bulu Tangkis,Abstract
Olahraga membutuhkan perubahan kecepatan reaksi, daya tahan dan kekuatan otot serta kerja jantung yang tinggi. Permainan bulu tangkis sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bahkan ikut mewarnai gaya hidup masyarakat pada saat ini, permainan ini tidak hanya memperoleh prestasi atau salah satu piihan untukmenjadi atlet yang tinngi, dan juga sebagian hiburan yang menarik bagi setiap orang khususnya yang mengemari permainan bulu tangkis. Jenis penelitian ini adalah peneitian kuantitatif karena data peneitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Metode Penelitian tindakan kelas tujuan utama dari peenlitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran teknik permainan bulu tangkis. Hasil penelitian dari analisis data diatas disimpulkan bahwa hasil penggunaan metode blocked partice dapat menigkatkan teknik dasar long serve dengan menghitung frekuensi desciptor dari masing-masing indikator. Kemudian depersentasikan dengan mencapai nilai rata- rata tes awal dengan nilai 3.857 dan hasil tes akhir 5.143 dengan perbedaan setiap siswa dengan nilai jumlah rata-rata secara keseluruhan dengan peroleh D : 2.571, maka dengan metode blocked partice bisa meningkatkan teknik dasar long serve dengan rata – rata nilai D2 : 5.857
Downloads
References
Andika dan darman. 2020.Tinjuan Kemampuan servis Atlet bulu tangkis PB- Sinar Talang. Jurnal patriot, volume 2 nomor I,p ISNN :2655-4984 e- ISNN:27I4-6596
Dinata, 2004. Bulu Tangkis Jakarta: Cerdas Jaya.
Dinata, 2006.Bulu Tangkis 2 (Rev.ed). Ciputat: Cerdas Jaya
Farid, Muhammad. Donny Setiawan dan Candra, Arya T. 20I8.Perbandingan Penggunaan Grip Karet Dan Towel Terhadap Tingkat Kenyamanan Siswa Dalam Permainan Bulutangkis Siswa Kelas X MAN 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 20I8/20I9. Jurnal Kejaora, Volume 3 Nomor 2, November 20I8
Juang, Brian. 20I5. Analisis Kelebihan Dan Kelemahan Keterampilan Teknik Bermain Bulutangkis Pada Pemain Tunggal Putra Terbaik Indonesia Pada Tahun 20I4.Vol 03. Nomor 0I Tahun 20I5
Kusuma, Lalu Sapta Wijaya. 20I9. Penerapan Metode Blocked Practice Dan Media Footwork Berbasis Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Bulutangkis.Jurnal Pendidikan Mandala, Vol. 4. No. 4.Juni 20I9.
Maksum,A.20I2.Meteodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press
Poole, 2007.Belajar bulu tangkis. Bandung pionir jaya
Purnama.20I0 . Kepelatihan Bulu Tangkis Moderen. Sukarta: Yuma Pustaka
Putra, Dan Amat. 20I8. Hubungan Antara Servis Pendek,Dropshot,Lob, Dan Smash Dengan Keterampilan Bermain Bulu Tangkis Siswa Ekstrakurikuler Bulu Tangkis Smp Negeri I Tempel. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga.
Subardjha, Herman. 2000 .Bulu tangkis. Solo: cv“Seti Aji” Sukarta.
Subardjha, Herman. 20I0. Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bulu Tangkis Studi Sperimen Pada Siswa Diklat Bulu Tangkis FPOK-UPI. Jurnal Cakrawala pendidikan 3.3 (20I0)
Supandi, I992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan sKesehatan.Jakarta : Depdikbud
Susanto, Ratno. 20I7. Pengembangan Model Latihan Forehand Dropshot Bulutangkis Pada Siswa Ekstrakurikuler Smpn 2 Trawas Mojokerto.Jurnal Kejaora, Volume 2 Nomor 2, 20I7, ISSN 254I-5042.
Suyatno.20I6.Peningkatan Hasil Belajar Penjaskes Materi Servis Pada Permainan Bulutangkis Menggunakan Metode Pembelajaran Drill Dan Bermain.Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol.I, No. 3, Juli 20I6.
Wibawa, 20I6. Tingkat Kemampuan Servis Pendek Forehand Dan Kemampuan Smash Bulu Tangkis Siswa Putra Pesrta Ekstra Kurikuler Bulu Tangkis. Smp N.32 Purwarejo. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (20I6)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.