Makna dan Nilai Dalam Syair Lagu Pengiring Tarian Bena-Bena Pada Masyarakat Desa Oelnaineno Kecamatan Takari Kabupaten Kupang
Indonesia
Keywords:
Makna, Nilai, Syair, Bena-benaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dan nilai yang terkandung dalam Syair Lagu Pengiring Tarian Bena-Bena pada masyarakat Desa Oelnaineno, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Linguistik Kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Syair Lagu pengiring tarian Bena-Bena pada masyarakat Desa Oelnaineno, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang mengandung beberapa makna yakni (1) makna religius berupa bukti penggalan syair yang menunjukkan pentingnya menghormati sesama; (2) makna sosial berupa pentingnya membangun rasa persaudaraan antar sesama; (3) makna sejarah berupa penggalan syair yang mengingatkan pelantunnya untuk mengingat pesan-pesan yang disampaikan oleh para leluhur zaman dulu; dan (4) makna kebersamaan yaitu berupa penggalan syair lagu yang menggambarkan kebersamaan para gadis manis menampilkan tarian sesuai syair yang dilantunkan. Syair lagu pengiring tarian Bena-bena juga mengandung beberapa nilai yakni (1) nilai sosial berupa pentingnya membangun rasa persaudaraan sebagai kepedulian terhadap sesama anggota masyarakat; (2) nilai etika atau moral berupa pentingnya memberi hormat kepada orang lain; (3) nilai estetika yaitu ketika para penari diibaratkan seperti burung elang dan burung camar yang melayang-layang di angkasa; dan (4) nilai budaya yakni kebiasaan yang telah ada sejak turun-temurun pada masyarakat Oelnaineno. Membangun rasa persaudaraan sangat penting sebagai wujud kehidupan sosial.
Downloads
References
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter Konstitusi dan VCT Sebagai Inovasi pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.
Ahmad Hasan, Qudanah Bin Ja’far. 2023. Mengenalciri-cirisyair. https:/www.sunara.id/read/432867576/mengenal-ciri-ciri-syair-pengertian-jenis-dan-contohnya
Crisantya .2022. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli https://kampuskuis.com/pengertian-budaya-menurut-para-ahli
Boimau, Sanhedri. 2019. Tuturan Ritual Toit Ulan Pada Masyarakat Desa Pana Kecamatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan. Journal : Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Hal 55-67.
Hanafie, Sri Rahaju Djatimurti Rita. 2016. Ilmu Sosial Budaya Dasar.Yogyakarta. CV.Andi Offset.
Indriani, Dya Putri. 2023. Etnokoreologi. Kajian Melalui Ilmu Antropologi dan Seni Tari. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Moleong, L.J.2017. Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rohman, Saifur. 2013. Hermeneutik: Panduan Kearah Desain Penelitian dan Analisis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiadi, Elly M & Kolip, Usman. 2013. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Prenadamedia.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers: Jakarta.
Simanjuntak. 2016. Tradisi, Agama, danAkseptasi pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sigiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D: Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D: Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.