Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang Merujuk Pada Unsur-Unsur Kebahasaan Tahun Pelajaran 2023/2024

Indonesia

Authors

  • Engse N. Henuk Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Ona D. Bani Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Sanhedri Boimau Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.197

Keywords:

Kemampuan; Manulis dan Cerpen

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dan menemukan penulisan  kata dan kesalahan penggunaan  tanda baca yang ada. Teori yang digunakan teori struktural sastra untuk mengarah kepada unsur-unsur pembangun dalam cerpen. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode ini di uraikan semua fakta yang di temukan. Data yang di ambil dari hasil kerja siswa, setelah itu di deskripsikan dan di analisis. berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis cerpen berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dari 69 siswa yang di teliti terdapat 27  siswa dengan presentase 39,58  yang termasuk kategori baik, kategori cukup sebanyak 37 siswa dengan presentase 50,42  kategori kurang sebanyak 5 siswa dengan presentase 10 . Dari kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang, merujuk pada unsur-unsur kebahasaan dengan jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai sesuai unsur intrinsik cerpen dan unsur kebahasaan dari 69 siswa adalah siswa yang termasuk kategori sangat baik adalah 2 orang dengan prsentase 10 , siswa yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 40 orang dengan prsentase 54,5 , siswa yang termasuk kategori cukup sebanyak 27 orang dengan presentase 35,5 .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmanegara, Weda Sasmita. (2022). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andaliman Books.

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Bumi Aksara.

Endraswara, Su111wardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Fitriantiwi, Widya, Lydea, dan Ria Indriani. Esai Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia Bogor: Guepedia, 2020.

Karmini, 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Denpasar: Pustaka Larasan.

Nurgiyantoro. Burhan 2018. Teori pengkajian Fiksi . Yokyakarta : Gadjah Mada Universisty Press.

Nuryatin dan Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rafiek. 2013. Pengkajian Sastra. Bandung: PT Rafika Aditama.

Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam berbagai perspektif Yogyakarta: Andi Offset.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method.

Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: PT Alfabet.

Sumber : Kantor SMA Negeri 7 Kota Kupang Tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Henuk, E., Bani, O. D., & Boimau, S. (2025). Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang Merujuk Pada Unsur-Unsur Kebahasaan Tahun Pelajaran 2023/2024: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 20–25. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.197

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)