Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang Merujuk Pada Unsur-Unsur Kebahasaan Tahun Pelajaran 2023/2024
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.197Keywords:
Kemampuan; Manulis dan CerpenAbstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman dan menemukan penulisan kata dan kesalahan penggunaan tanda baca yang ada. Teori yang digunakan teori struktural sastra untuk mengarah kepada unsur-unsur pembangun dalam cerpen. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode ini di uraikan semua fakta yang di temukan. Data yang di ambil dari hasil kerja siswa, setelah itu di deskripsikan dan di analisis. berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis cerpen berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dari 69 siswa yang di teliti terdapat 27 siswa dengan presentase 39,58 yang termasuk kategori baik, kategori cukup sebanyak 37 siswa dengan presentase 50,42 kategori kurang sebanyak 5 siswa dengan presentase 10 . Dari kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang, merujuk pada unsur-unsur kebahasaan dengan jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai sesuai unsur intrinsik cerpen dan unsur kebahasaan dari 69 siswa adalah siswa yang termasuk kategori sangat baik adalah 2 orang dengan prsentase 10 , siswa yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 40 orang dengan prsentase 54,5 , siswa yang termasuk kategori cukup sebanyak 27 orang dengan presentase 35,5 .
Downloads
References
Atmanegara, Weda Sasmita. (2022). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andaliman Books.
Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Abidin, Yunus. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Endraswara, Su111wardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Fitriantiwi, Widya, Lydea, dan Ria Indriani. Esai Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia Bogor: Guepedia, 2020.
Karmini, 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama. Denpasar: Pustaka Larasan.
Nurgiyantoro. Burhan 2018. Teori pengkajian Fiksi . Yokyakarta : Gadjah Mada Universisty Press.
Nuryatin dan Purnama Irawati. 2016. Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Rafiek. 2013. Pengkajian Sastra. Bandung: PT Rafika Aditama.
Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam berbagai perspektif Yogyakarta: Andi Offset.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method.
Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: PT Alfabet.
Sumber : Kantor SMA Negeri 7 Kota Kupang Tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.