Penggunaan Pronomina Persona Pada Karangan Narasi Siswa Kelas X¹ di SMA Negeri 7 Kupang Tahun Pelajaran 2023/2024
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.198Keywords:
Pronomina Persona, Karangan NarasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X¹ SMA Negeri 7 Kupang menggunakan pronomina persona pada karangan narasi tahun ajaran 2023/2024. Teori yang digunakan adalah teori normatif yang mengacu pada Tata Bahasa Indonesia baku karena sangat bermanfaat dalam menentukan pilihan kata dan penggunaan pronomina agar sesuai dengan norma – norma atau aturan dalam Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode ini sangat tepat menjawab permasalahan yang diteliti oleh penulis dan dilakukan secara wajar dan alami sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa ada manipulasi. Hasil penelitian di SMA negeri 7 Kupang bahwa penggunaan pronomina persona pada karangan narasi siswa kelas X¹ sebanyak tiga puluh enam responden, yang kategori kurang mampu berjumlah enam responden , kategori cukup mampu tiga responden, kategori mampu sepuluh responden, dan kategori sangat mampu berjumlah tujuh belas responden.
Downloads
References
Alwi, Hasan, et al. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Alwi, H. et al . (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
dan Balai Pustaka.
Alwi, H., et al . (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Cetakan IX). Jakarta: Balai Pustaka.
Aminuddin. 2011. Semantik (Pengantar Studi Tentang Makna). Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung.
Atmanegara, Weda Sasmita. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Episentrum Books.
Burhan Nurgiyantoro. 2016. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum ( Edisi Revisi ). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fatmasari, Fenti Ayu. 2018. Kemampuan menulis karangan narasi sswa kelas VII SMP Negeri 1 Lawa Kabuten Muna Barat (skripsi). Kendari: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo.
Finoza, Lamudin. 2007. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.
Hakim, A.BA. et al. 1993. Segi praktis bahasa Indonesia. Surabaya: SIC
Keraf. G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahmudi. 2013. Penuntun Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Moeliono, anton (1988) Kamus besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.