Kemampuan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri Noemuke Tahun Pelajaran 2024/2025
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.467Keywords:
Menulis, Teks Anekdot, Kearifan LokalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIIIA SMP Negeri Noemuke dalam menulis teks anekdot bermuatan kearifan lokal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Pendekatan normatif adalah suatu metode penelitian yang berfokus pada penelitian dan evaluasi pada suatu fenomena atau objek yang sedang dipelajari berdasarkan pada standar, nilai, atau norma yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif yaitu suatu mekanisme kerja penelitian yang mengandalkan uraian deskriptif kata atau kalimat yang disusun secara cermat dan sistematis mulai dari menghimpun data sehingga menafsirkan dan melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian kemampuan menulis teks anekdot bermuatan kearifan lokal pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri Noemuke Tahun Pelajaran 2024/2025, menunjukkan sangat baik yang terdiri dari 8 orang, cukup baik terdiri dari 6 orang, baik terdiri dari 1 orang, dan kurang baik terdiri dari 5 orang. Kemampuan menulis teks anekdot bermuatan kearifan lokal pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri Noemuke Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan nilai rata-rata kelas 73,7 kategori baik.
The purpose of this study is to describe the ability of class VIIIA students of Noemuke State Junior High School in writing anecdotal texts containing local wisdom. The approach used is a normative approach. A normative approach is a research method that focuses on research and evaluation of a phenomenon or object being studied based on established standards, values, or norms. The method used is descriptive qualitative. Descriptive qualitative is a research work mechanism that relies on descriptive descriptions of words or sentences that are arranged carefully and systematically starting from collecting data to interpreting and reporting research results. The results of the study on the ability to write anecdotal texts containing local wisdom in class VIIIA students of Noemuke State Junior High School in the 2024/2025 Academic Year, showed very good consisting of 8 people, quite good consisting of 6 people, good consisting of 1 person, and poor consisting of 5 people. The ability to write anecdotal texts containing local wisdom in class VIIIA students of Noemuke State Junior High School in the 2024/2025 Academic Year with an average class value of 73.7 in the good category.
Downloads
References
Djiwandono, Soenardi, 2008, Yes Bahasa : Pegangan Bagi Guru Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Indeks
Hadikusuma, H. 2018. Pendekatan Normatif dalam Penelitian. Jakarta; Penerbit Universitas Indonesia.
Istianah, Emy, Lestari. 2015. Pembelajaran Ketrampilan Menulis Anekdot Di Kelas X Sma Negeri 1 Semon Bantul DIY. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Kemendikbud. 2013. Buku Siswa Bahasa Indonesia X Expresi Diri Dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.
Munira, 2015. Dasar-dasar Ketrampilan Menulis Modul Tidak Di Terbitkan. Makasar : Unimuh. Makasar.
Siagian, 2015 dengan Judul “Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Kurikulum 2013”.
Sholekah, Nhur L. 2016. Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Kesantunan Mneggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas X Mia-4 Sma Negeri 1 Grobagan Tahun
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.