Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Pokok Kolonialisme Dan Imperialisme Di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari

Indonesia

Authors

  • Jibrael Nifu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Omiano Sabu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Moses Kollo Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.264

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Metode Artikulasi,Minat Belajar

Abstract

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Pokok Kolonialisme dan Imperialisme di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari Kabupaten Kupang. Pembimbing I Omiano Sabu, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II Moses Kollo, S.Pd.,M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk (1) Mengetahui Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari, (2) Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari, (3) Mengetahui Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari. Rancangan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 Siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari yaitu sebanyak 11 siswa laki-laki dan sebanyak 13 siswi Perempuan. Data dikumpulkan melalui tes dan non tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 (kategori baik) Siklus II memperoleh skor 29 (kategori sangat baik). Jumlah skor rata-rata aktifitas siswa siklus I 13 (kategori baik) siklus II mendapatkan 18 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal siswa siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari Kabupaten Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Gafur. (1986). Desain pembelajaran langkah sistematis penyusun pola dasar

Kegiatan belajar dan mengajar. Sala: tiga serangkai.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (1990) Prestasi belajar

Anni, Catharina Tri. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK unn

Arikunto. Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta. BumiAksara.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah. Bandung: Alfabeta.

Kasmadi, Hartono. (2001). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model- Model

Pembelajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima nugrahapratama.

Kochta. S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT. Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Muhibbin Syah (2000) dan James Whitaker yang dikutip oleh

Wasty Soemanto (1990), belajar dan pembelajaran

Miftahul Huda (2014) Model Pembelajaran Artikulasi

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Jakarta: RinekeCipta.

Natsir, Supardi. 2012. Model Pembelajaran Artikulasi.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.

Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.

DIVA Press. Jogjakarta.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi

Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Nifu, J., Sabu, O., & Kollo, M. (2025). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Pokok Kolonialisme Dan Imperialisme Di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari : Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 82–88. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.264

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)