Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Pokok Kolonialisme Dan Imperialisme Di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.264Keywords:
Pembelajaran Sejarah, Metode Artikulasi,Minat BelajarAbstract
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi Pada Materi Pokok Kolonialisme dan Imperialisme di Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari Kabupaten Kupang. Pembimbing I Omiano Sabu, S.Pd.,M.Pd, Pembimbing II Moses Kollo, S.Pd.,M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk (1) Mengetahui Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari, (2) Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari, (3) Mengetahui Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari. Rancangan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 Siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari yaitu sebanyak 11 siswa laki-laki dan sebanyak 13 siswi Perempuan. Data dikumpulkan melalui tes dan non tes yang dianalisis dengan cara analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS keterampilan guru siklus I memperoleh skor 21 (kategori baik) Siklus II memperoleh skor 29 (kategori sangat baik). Jumlah skor rata-rata aktifitas siswa siklus I 13 (kategori baik) siklus II mendapatkan 18 (kategori sangat baik). Ketuntasan klasikal siswa siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian yaitu dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Takari Kabupaten Kupang.
Downloads
References
Abdul, Gafur. (1986). Desain pembelajaran langkah sistematis penyusun pola dasar
Kegiatan belajar dan mengajar. Sala: tiga serangkai.
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono (1990) Prestasi belajar
Anni, Catharina Tri. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK unn
Arikunto. Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta. BumiAksara.
Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah. Bandung: Alfabeta.
Kasmadi, Hartono. (2001). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model- Model
Pembelajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima nugrahapratama.
Kochta. S. K. (2008). Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT. Gramedia
Widiasarana Indonesia.
Muhibbin Syah (2000) dan James Whitaker yang dikutip oleh
Wasty Soemanto (1990), belajar dan pembelajaran
Miftahul Huda (2014) Model Pembelajaran Artikulasi
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Jakarta: RinekeCipta.
Natsir, Supardi. 2012. Model Pembelajaran Artikulasi.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran.
Aswaja Pressindo. Yogyakarta.
Poerwanti, Endang, dkk. 2008. Assesmen Pembelajaran
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik.
DIVA Press. Jogjakarta.
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi
Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.