Sejarah Perkembangan SMP Negeri 15 Kota Kupang Tahun 2014-2023 Di Kelurahan Manulai 2 Kecamatan Alak Provinsi Nusa Tenggara Timur

Indonesia

Authors

  • Mirna Kornalia Tuy Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Omiano Sabu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Reky L. Banu

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.233

Keywords:

Sejarah, Perkembangan, Masyarakat Manulai 2

Abstract

Perlu dilakukan penelitian mengenai Sejarah Perkembangan SMP Negeri 15 Kota Kupang Tahun 1999-2023 Di Kelurahan Manulai 2 Kecamatan Alak Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengetahui Sejarah didirikannya SMP Negeri 15 Kota Kupang, mengetahui perkembangan pendidikan SMP Negeri 15 Kota Kupang serta untuk mengetahui perubahan dan perkembangan kurikulum terhadap jalannya sistem pendidikan di SMP Negeri 15 Kota Kupang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Kupang Kelurahan Manulai 2, Kecamatan Alak. Yang dijadikan informan adalah Kepala Sekolah, Guru-Guru dan Siswa. Dalam Penelitian ini terdapat dua sumber data yang dipakai yaitu  sumber data primer, dan sumber data sekunder. Teknik Pengumpulan Data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data secara deskriptif kualitatif. Latar belakang berdirinya sekolah ini yakni mempermudah jangkauan kebutuhan masyarakat didaerah sekitar terkhususnya wilayah Batuplat, Manulai I dan manulai II. Lokasi berdirinya SMPN 15 ini diberikan langsung oleh Masyarakat Kelurahan  Manulai II. Sekolah ini didirikan pada tanggal  27 Juli 1999 dan mulai aktif pada tahun 2000. Perkembangan pendidikan di SMP N 15 mengalami Peningkatan dari tahun ke tahun, dilihat dari data yang diperoleh jumlah siswa selalu mengalami kenaikan, tenaga kependidikan yang rata-rata sudah berstatus ASN dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai serta keberhasilan pembelajaran yang dinyatakan dengan tingkat kelulusan mencapai taraf tertinggi yaitu 100%. Perubahan dan Perkembangan kurikulum berdampak baik bagi siswa- siswi SMPN 15 Kota Kupang yakni pelajar bisa belajar dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju serta didukung oleh kepala sekolah, guru, tenaga pengajar, peserta didik bahkan lembaga itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Dimyati dan Drs. Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan 5. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuki. (2012). "Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah". FIS-UNY. Yogyakarta

Poerwadarminta, 1954. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Djakarta.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Saptyan Rozi, 2009. Strategi Kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMA Muhamadiyah 1 Surakarta. Tesis. Universitas Muhamadiyah Surakarta

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan 24. Halaman 246. Sanjaya, W

Soemardjo, 1961. Apakah Sejarah Itu. Pelangi. Djakarta.

Soekarno,1964. Indonesia Ajam Djantan Sedjarah Dunia Baru. Universitas Padjadjaran.

Sungsri, S. (2018). Building the capability of non-formal education teachers to develop a learning society for promoting lifelong education in Thailand. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 10(2), 10-16. Retrieved

Suprijanto, A (2009), Pendidikan oleh Orang Dewasa; dari Teori Hingga Aplikasi, Bumi Aksara, Jakarta

UU No.2 tahun 1989, tentang Sistam Pendidikan Nasional

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Balai Pustaka Jakarta.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Tuy, M. K., Sabu, O., & Banu, R. L. (2025). Sejarah Perkembangan SMP Negeri 15 Kota Kupang Tahun 2014-2023 Di Kelurahan Manulai 2 Kecamatan Alak Provinsi Nusa Tenggara Timur: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 95–100. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.233

Issue

Section

Articles