Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang

Indonesia

Authors

  • Enjelina Bia Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Omiano Sabu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Moses Kollo Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.228

Keywords:

Pembelajaran, Sejarah, Hasil Belajar

Abstract

Penerapan model Pembelajaran Kooperatif  tipe STAD Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA4 pada mata pelajaran sejarah di SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakasanakan di SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 36 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil kegiatan pembelajaran, informan ( siswa, guru, dan kepala sekolah), dokumen, arsip, dan foto kegiatan. Melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang terdiri dari orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing diskusi siswa ,menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Untuk Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) kelas XI IPA4 pada pembelajaran sejarah SMA N 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024 adalah 75, dengan prosentase ketuntusan klasikal ketuntasan minimal yang ditentukan 80%. Setelah diberikan perlakuan selama dua siklus hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa yang dicapai dapat dilihat dari rata-rata post test siswa yakni siklus I : 71,89 kemudian meningkat menjadi 84,42 pada siklus II. Dengan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I:60 % dan siklus II meningkat menjadi 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Noviana, Eddy, and Muhammad Nailul Huda."Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru." Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7.2 (2018): 204-210.

Nugroho, U., and S. S. Edi. "Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5.2 (2009).

Nurrita, Teni. "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa." Jurnal misykat 3.1 (2018): 171-187.

Nurgiansah, T. Heru. "Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-kabupaten bantul." BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2.1 (2021): 28-33.

Purnama, Shilmy, et al. "Analisis Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru IPS." Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 32.2 (2022): 263-279.

Pratiwi, Yeni Ratih, Amat Mukhadis, and Sukarni Sukarni."Pengaruh Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Sistem Pemindah Tenaga." Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya 33.2 (2012).

Sayono, Joko. "Pembelajaran sejarah di sekolah: Dari pragmatis ke idealis." Jurnal Sejarah dan Budaya 7.1 (2015): 9-17.

Suparmini, Made. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar." Journal of Education Action Research 5.1 (2021): 67-73

Suratno, Suratno. "Pengaruh Penerapan Metode STAD terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Minat Siswa di SMA N 10 Batanghari."Dinamika Pendidikan 8.2 (2013).

Yasir, Muhamad, and Elin Karlina."Pengaruh model pembelajaran stad terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi."Research and Development Journal of Education 2.1 (2015).

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Bia, E., Sabu, O., & Kollo, M. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Kupang: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 89–94. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.228

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)