Dampak Penggunaan Media Sosial (Whatsapp) Terhadap Karakter Siswa Kelas VIII-I di SMP Negeri 1 Kota Kupang
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.575Keywords:
Media Sosial, Whatsapp, Karakter SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Dampak Penggunaan WhatsApp Terhadap Karakter Siswa Di SMP Negeri 1 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Smp Negeri 1 Kota Kupang, Jl. Prof. Dr. W. Z. Johannes No. 30, Kelurahan Oetete, Kecamatan Oebobo Kota Kupang, dengan jumlah subjek penelitian terdiri dari 5 orang yaitu 1 guru Bimbingan Dan Konseling dan 4 orang siswa yang mengalami permasalah terkait pengguanaan WhatsApp. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan WhatsApp di SMP Negeri 1 Kota Kupang berdampak beragam terhadap karakter siswa, berdasarkan wawancara dengan 1 orang guru Bimbingan Dan Konseling dan 4 orang siswa kelas VIII-I dengan hasil yang positif. Melalui wawancara tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan WhatsApp berpengaruh terhadap karakter siswa, terutama dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, maupun cara berkomunikasi. Besar kecilnya pengaruh tersebut sangat bergantung pada sejauh mana pengawasan yang diberikan oleh guru dan orang tua dalam mengarahkan penggunaan aplikasi tersebut oleh siswa.
The purpose of this study is to determine the impact of WhatsApp usage on student character at SMP Negeri 1 Kupang City. This study uses a qualitative descriptive research method. This study was located at Smp Negeri 1 Kupang City, Jl. Prof. Dr. W. Z. Johannes No. 30, Oetete Village, Oebobo District, Kupang City, with the number of research subjects consisting of 5 people, namely 1 Guidance and Counseling teacher and 4 students who experienced problems related to the use of WhatsApp. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The results of this study indicate that the use of WhatsApp at SMP Negeri 1 Kupang City has various impacts on student character, based on interviews with 1 Guidance and Counseling teacher and 4 students of grade VIII-I with positive results. Through these interviews the author can conclude that the use of WhatsApp influences student character, especially in terms of discipline, responsibility, and communication methods. The extent of this influence depends greatly on the extent of supervision provided by teachers and parents in directing the use of the application by students.
Downloads
References
Aunila, N. (2015). Pendidikan karakter di era digital: Penguatan nilai-nilai moral untuk generasi muda. Jakarta: Prenadamedia Group.
Aunila, N. (2020). Peran media sosial dalam pembentukan karakter siswa. Bandung: Alfabeta.
Aminuddin, N. (2023). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(1), 22
Aunila, F. (n.d.). Sepuluh bentuk karakter siswa. [Tesis atau Buku].
Boyd & Ellison (2007) – Artikel berjudul "Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship" adalah salah satu rujukan akademik paling sering dikutip mengenai sejarah dan definisi media sosial.
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social media: Defining, developing, and divining. Atlantic journal of communication, 23(1), 46-65.
Corey, G. (2009). Theory and practice of counseling and psychotherapy.
Dacholfany, M. I. (2012). Urgensi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian bangsa. Yogyakarta: Deepublish.
Dacholfany, M. I. (2015). Pengaruh media sosial terhadap karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 45–56.
Elfindri, dkk. (2019). Remaja dan media sosial: Antara karakter kuat dan lemah. Padang: Andalas University Press.
Fitria, N. (2019). Pengaruh media sosial terhadap kehidupan sosial dan psikologi remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 7(1), 21–30.
Fitria, N. (2019). Dampak penggunaan media sosial terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jurnal pendidikan dan karakter.
Hardiansyah. (2010). Kualitas data dalam penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Karwono, W. (2017). Dalam Dacholfany, M. I. (2017). Urgensi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian bangsa. Yogyakarta: Deepublish.
Koesoema, D. A. (2007). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.
Kohlberg, L. (1981). Essays on moral development, Vol. I: The philosophy of moral development. San Francisco: Harper & Row.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Putra, R. A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap karakter siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 65–73.
Putra, H. (2020). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap kedisiplinan belajar siswa. Jurnal pendidikan dan karakter.
Pratama, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap pendidikan karakter siswa. Edukasiana.
Purwanto, A. & Sulaeman, E. (2018). Penggunaan Media Sosial untuk Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(3).
Sari, M. (2018). Penggunaan media sosial dan pengaruhnya terhadap karakter remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 75–82.
Sari, R. (2018). Penggunaan media sosial dan pengaruhnya terhadap karakter remaja. Jurnal Pendidikan Sosial, 15(1), 20-29.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Santrock, J. W.(2011). Educational psychology.
Tandjung, D. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Karakter Remaja. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 11(2), 134–140.
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
Yuliana, R., & Dewi, T. (2021). Dampak media sosial terhadap pembentukan karakter siswa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Karakter, 12(1), 89–102.
Yuliana, D. & Dewi, A. R. (2021). Media sosial dan pembentukan karakter siswa. Antara potensi dan tantangan. Jurnal pendidikan karakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.