Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas

Indonesia

Authors

  • Yohana Bire Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Dixon Taek Bete Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Keywords:

Lompat Tali, Lompat Jauh

Abstract

Permainan merupakan salah satu kegiatan yang memberikan kesenangan pada seseorang, terutama yang memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Bagi anak-anak, bermain merupakan kegiatan utama seperti halnya makan dan minum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada  Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Subyek dari penelitian ini adalah  Siswi Kelas V SD GMIT Tuapakas  sebanyak 12 siswa baik saat pre test maupun post tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes ketrampilan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diolah menggunakan rumus t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata tes awal = 64.58, rerata tes akhir = 75.83 dan t-hitung = 5.25. Hasil perhitungan selanjutnya dibandingkan df=N-1(12-1)=11 dalam tabel taraf signifikasi 2.201 (5%)  maka didapat t- hitung 5.25  >  2.201 (5%). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak, karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional lompat tali meningkatkan hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V  SD GMIT Tuapakas yaitu sebesar 17,4 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriawan, N. (2015). Peran Fisiologi Olahraga dalam Menunjang Prestasi. Jurnal Olahraga Prestasi, 11(2). https://doi.org/10.21831/ jorpres.v11i2.5724
Ayu, I. D., Diah, A., Muliarta, I. M., Dinata, I. M. K., F. (2019). Perbedaan Physical Fitness Pada Berbagai Frekuensi Olahraga Dan Indeks Massa Tubuh Mahasiswa Program Kedokteran Universitas Udayana Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Departemen Ilmu Faal Fakultas K. 8(11).
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aprilia, K. N., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2018). Analisis penerapan prinsip-prinsip latihan terhadap peningkatan kondisi fisik atlet bulu tangkis PPLOP Jawa Tengah tahun 2017/2018. Journal power of sports, 1(1), 55.
Mukhlisin, I. Z. (2017). Prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) anak keluarga pengepul barang bekas usia Sekolah Mengenah Pertama (SMP) Di Desa Lemahtambah Kecamatan Pangurangan Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Mulyani, N. (2016). Super asyik permainan tradisional anak Indonesia. Bandung: Indonesia Diva Press.
Pauweni, M. (2012). Pengembangan model permainan bola basket taki sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa sekolah dasar kelas atas di Kota Gorontalo. Journal of Physical Education and Sports, 1(1).
Pramod, R., & Divya, K. (2019). The effects of ladder training on speed of Egyptian high school boys student ’ s The effects of ladder training on speed of Egyptian high school boys student ’ s in Qatar. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 6(January), 18–22.
Puspa, L. (2009). Hubungan Fisiologi dengan Prestasi Olahraga. https://docplayer.info/ 92309342- Hubungan-fisiologi-dengan-prestasi-olahraga oleh-liliani-puspa-staf-pengajar-stok-bina-guna-medan-kata-kunci-fisiologiprestasi-olahraga.html
Sugiyono, D. R. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta
Wirya, A. Dkk, (2014). Di Ujung Palu Hakim: Dokumentasi Vonis Rehabilitasi di Jabodetabek.

Published

2023-01-21

How to Cite

Bire, Y., & Bete, D. T. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Hasil Lompat Jauh Pada Siswa Kelas V SD GMIT Tuapakas: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 18–28. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/85

Issue

Section

Articles