Implementasi Permainan Tradisional Benteng Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dixon Taek Bete Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Marsen Kaleb Saidjuna Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Keywords:

permainan tradisional, benteng, perilaku sosial

Abstract

Cara guru dalam membentuk karakter peserta bukan hanya semata dengan ceramah, namun bisa melewati permain yang mampu membuat seorang peserta didik kerja sama dalam mengatasi kesulitan pada timnya disitulah pembentukkan perilaku sosial siswa itu tumbuh dengan sendirinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Permainan Benteng dalam pembelejaran pendidikan jasmani terhadap pembentukan perilaku sosial siswa kelas VI pada SD GMIT Kolhua. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan beberapa metode yakni observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan menganalisa data penulis menggunakan teknik kualitatif dengan penelitian kualitatif  penulis dapat menemukan data secara alamiah berdasarkan kenyataan yang ada di tempat penelitian. Hasil yang  diperoleh berdasarkan kenyataan di tempat penilitian menunjukan bahwa implementasi permainan tradisional benteng dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap pembentukan perilaku sosial siswa kelas VI DI SD GMIT Kolhua telah meningkatkan perilaku peserta didik dalam hidup bersosial serta kerja sama peserta dalam menyelesaikan permainan dan menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik. Beberapa kendala yang peneliti dapatkan adalah ketidak teraturan peserta didik dalam permainan tradisional namun peserta didik telah menemukan kerja sama adanya kekompakan dalam permainan ini. Saran dari peneliti agar pihak sekolah  sesering mungkin untuk mengadakan permainan yang memerlukan kerja sama antar peserta didik dalam menyelesaikan permainan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar Hawadi Reni, 2001. Psikologi Perkembangan Anak mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arif Komarudin. (2007). Permainan Tradisional. Diakses dari pada tanggal 8 januari 2012, jam 23.00 WIB.
Azhari, Akyas. (2004). Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Penerbit Teraju
Budiman, Didin. (2012). Bahan Ajar Mata Kuliah Psikologi dalam Penjas PGSD. Bandung: UPI.
Cahyono, N. (2011). Transformasi Permainan Anak Indonesia. Artikel. http://permatanusantara.blogspot.com. Diakses pada tanggal 25 September 2012.
Elizabeth B. Hurlock. (1978). Child Development. Jakarta: PT.Gelora Persada Pratama.
Iswinarti. (2010). Nilai-nilai Terapiutik Permainan Engklek untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Naskah Publikasi. www.google.com. Diakses tanggal 24 September 2012
Kurniati, E. (2011). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta
M. Furgon H. (2002). Pembinaan Olahraga Usia Dini. Surakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Keolahragaan (Puslitbang-OR). Universitas Sebelas Maret
Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Uno, H.B. (2009). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Published

2022-07-31

How to Cite

Bete, D. T., & Saidjuna, M. K. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Benteng Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 70–79. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/77

Issue

Section

Articles