Kesehatan Mental di Kalangan Remaja Akibat Overexposure Media Sosial
Studi Literatur dan Wawancara Gen Z
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.287Keywords:
Overexposure, Gen Z, Media SosialAbstract
Di era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan remaja, khususnya Generasi Z. Namun, penggunaan yang berlebihan (overexposure) tidak hanya menawarkan koneksi sosial, tetapi juga membawa potensi risiko bagi kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan wawancara mendalam terhadap delapan remaja Gen Z. Hasilnya menunjukkan adanya keterkaitan kuat antara overexposure media sosial dengan kecemasan sosial, rendahnya harga diri, dan gangguan tidur. Artikel ini menyoroti pentingnya literasi digital serta penguatan identitas diri remaja dalam menghadapi arus media sosial yang sangat cepat dan kompetitif.
In today's digital age, social media has become an integral part of teenagers' lives, especially Generation Z. However, overexposure not only offers social connections, but also brings potential risks to mental health. This study used a qualitative method with a literature study approach and in-depth interviews with eight Gen Z teenagers. The results show a strong link between social media overexposure and social anxiety, low self-esteem, and sleep disturbances. This article highlights the importance of digital literacy and strengthening adolescents' self-identity in the face of rapid and competitive social media flows.
Downloads
References
Aisyah Fitriah, Dzaky Juliansyah, Umi Salamah, M Anugrah Utama, Opie Karunia Falah, & Aseh Miati. (2023). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Pada Remaja. Educate : Journal Of Education and Learning, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.61994/educate.v1i1.114
Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. Medisains, 16(2), 67. https://doi.org/10.30595/medisains.v16i2.2522
Damanik, B. E. (2025). Dosen Dalam Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untuk Peduli Pemilihan Presiden Dalam Pemilu 2024. 2(06), 1–8.
Fitriana, F. N., & Malahati, F. (2024). The relationship between resilience and the intensity of social media use with psychological well-being of Gen-Z students Hubungan antara resiliensi dan intensitas penggunaan media sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa Gen-Z. Jurnal Psikologi Tabularasa, 19(2), 185–194.
Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang., 1–15. https://osf.io/g8cv2/download.
Husodo, B. T., Amelia, F. D. T., & Handayani, N. (2021). Strategi Coping Stress Melalui Media Sosial pada Remaja di Kota Semarang. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(5), 327–333. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.5.327-333.
Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 49. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8755.
Sabillillah, H., Sutabri, T., Informatika, T., & Darma, U. B. (2025). Analisis Pengaruh Paparan Konten Negatif di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Gen Z.
Setiawati, M. (2014). Pengaruh_Media_Sosial_Terhadap_Perkemban. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja, 13.
Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif dan pola penggunaan media sosial program studi pendidikan ekonomi unimed. Jurnal Interaksi, 2(1), 61–84.
Yasin, R. Al, Anjani, R. R. K. A., Salsabil, S., Rahmayanti, T., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik Remaja: a Systematic Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4402
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.