Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri Satap Eirobo

Indonesia

Authors

  • Kristin Nguru Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Maria Lodika Long Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Diana Rohi Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

DOI:

https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.240

Keywords:

Kerja Sama Siswa, Metode Pembelajaran Kooperatif, Pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) pembentukan karakter kerja sama siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII-A di SMP NEGERI SATAP EIROBO (2) mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter kerja sama siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VII-A SMP NEGERI SATAP EIROBO. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian mengemukakan bahwa (1) pelaksanaan tindakan telah dilaksanakan selama dua, dan pada siklus II menunjukkan hasil yang baik, yat terdapat peningkatan dengan nilai rata-rata 78,70 persen dBerdasarkan hasil penelitian siklus I dan II terdapat relevansi dengan teori-teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini, Fokus penelitian adalah peran guru dalam pembentukan karaktegan ketuntasan klasikal mencapai 87,09 persen. (2) peran guru terbukti sangat penting dalam meningkatkan karakter kerja sama siswa dikelas, hal ini terlihat dari cara guru membimbing siswa dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, memberikan perhatian kepada siswa yang tidak bisa fokus selama proses pembelajargemukakan pendapatnya. Berdasarkan hasil peneltian tersebut peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode pembejalajara kooperatif mampu membentuk karakter kerja sama siswa dikelas dan hal ini tidak luput dari peran guru yang mampu membimbing dan memotivasi siswa selama proses pembelajaran. Saran dari penelitian kepada pihak sekolah agar dapat memberikan pelatihan terkait penggunaan metode pembelajaran, dan bagi guru diharapkan metode kooperatif dpat digunakan untuk membentuk karakter kerja sama siswa di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, M. (2021). Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa. OSF Preprints. June, 7.

Afriza, M. R. A., Wulandari, S., & Devi, P. (2022). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SANTRI USIA DEWASA DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN. Jurnal MASSA, 3(2), 126-137.

Amin, M. (2021). Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa. OSF Preprints. June, 7.

Armaidi, A. (2023). Penggunaan Supervisi Klinis dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif di SD Negeri 166/X Pandan Jaya Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal on Education, 5(2), 3593-3599.

Basri, F., Sahib, H., & Kaharuddin, K. (2023). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(8), 3043-3052.

Baslini, B., & Hadiwinarto, H. (2020). Evaluasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 155-160.

Een, E., Hardianto, H., & Afri, L. E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Rambah (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Fujiani, A. E. (2016). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KOPERASI (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV SDN Cintaasih 1 Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Fitari, D. A., & Susetyarini, R. E. (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode problem solving meningkatkan hasil belajar ipa smp. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(1).

Fadilla, R. D. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 2 BINJAI DALAM PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara).

Guru, P., & Rangkaian, P. B. P. HUBUNGAN PERAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 4 MEDAN.

HASIL, U. M. K. D., PLC, B. S. X. M. D., & PARIZ, A. R. JURNAL TUGAS AKHIR SKRIPSI.

Ibrahim, D. S. M., Aswasulaskin, A., Ramdhani, S., Mukti, H., & Agustina, B. W. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal DIDIKA:Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 102-113.

Ikhwanuddin, I. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras Dan Kerja Sama Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 120825.

Kuok, K. X. M. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Question Student Have Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi.

Kuncoro, D. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 184 Buahbatu Tahun Ajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Mawarni, F. (2022). PERMASALAHAN GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MAN 3 BATANGHARI. KRINOK| Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 1(2), 18-26.

Mursyidi, W. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33-38.

Maaruf, Z. (2009). Implementasi pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan (pakem) untuk pendidikan sains di sekolah. Jurnal Geliga Sains, 3(2), 19-28.

Norelis, V., Aminuyati, A., & Okianna, O. PERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(11).

Putri, A. (2022). UAS Pendidikan IPS.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Ratnasari, N. Y., & Ansori, Y. Z. (2020, November). Pengaruh Model Cooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Gandu I Tahun Ajaran 2020/2021. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 229-235).

Suhardi, S. (2018). NiLAi-NiLAi peNDiDikAN kArAkTer DALAM DONGeNG pUTrA LOkAN. Lingua, 14(1), 49-59. Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Sopian, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode TGT (Teames Games Tournament) Pada Siswa Kelas IVA SDN 01 Mamben Daya Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. khatulistiwa, 3(1), 42-51

Senja, E. (2021). Pengaruh Pesan Beauty Vlogger Terhadap Minat Pembelian Produk Kecantikan Berlabel Halal/Eveline Senja/62150213/Pembimbing: Imam Nuraryo.

Sutejo, E. (2020). Strategi Guru Dalam Penanaman Budi Pekerti Untuk Anak Tunagrahita Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Tanjung, R. (2020, June). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Scramble Siswa Kelas V SD Pudun Jae pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia. In Forum Paedagogik (Vol. 8, No. 1, pp. 132-148).

Turrahma, L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tentang Layanan Akademik Dan Administrasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ulfa, S. M. (2021). Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Bumi Aksara.

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Wahid, A., & Yunus, M. (2022). Reorientasi Proesionalisme Guru Di Era Globalisasi dalam Perspektf Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 19(2), 217-224.

Wardhani, C. A. (2016). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN LINGGABUDI DALAM PEMBELAJARAN IPS SD PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN BsERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2017). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013.

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2017). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal teori dan praksis pembelajaran IPS, 1(1), 33-38.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Nguru, K., Long, M. L., & Rohi, D. (2025). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Kerja Sama Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif di SMP Negeri Satap Eirobo: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 51–60. https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i1.240

Issue

Section

Articles