UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DIKELAS Vlll SMP NEGERI 5 KUPANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode peta konsep serta menganalisis peningkatakan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Kupang melalui metode tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kupang pada semester II tahun ajaran 2024/2025, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan siswa, guru, dan kepala sekolah, serta analisis dokumen arsip dan foto kegiatan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah metode pembelajaran peta konsep meliputi persiapan, pemilihan peran, penjelasan materi, metode pelaksanaan, diskusi dan analisis, serta evaluasi dan kesimpulan. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPS Kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang ditetapkan 74, dengan persentase ketuntasan klasikal minimal 74%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah dua siklus perlakuan. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 68% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peta Konsep berhasil meningkatkan kemampuan dan hasil berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang.
References
Anggraeni, M. A., Karyanto, T., & Khairati, W. (2018). "Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun." Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1).
Fauziah, E. A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) menggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). Catatan: Disertasi bukan jurnal, tapi bisa masuk kategori "lainnya" jika memang relevan dan tidak ada versi jurnalnya. Jika dianggap sebagai jurnal, perlu dipastikan apakah ini publikasi peer-review.
Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-Based Learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. Catatan: Tahun terbit 2004, di luar 10 tahun terakhir.
Kristin. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Catatan: Sumber ini disebutkan sebagai buku atau mungkin artikel non-jurnal. Jika ini adalah artikel jurnal, format perlu disesuaikan dengan volume/nomor.
Masgumelar, N.K., & Mustafa, P.S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan aplikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Mogashoa, T. (2014). Penerapan teori konstruktivis dalam penelitian pendidikan kualitatif. American International Journal of Contemporary Research, 4(7), 51-59. Catatan: Tahun terbit 2014, di luar 10 tahun terakhir.
Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. (Doctoral dissertation, State University of Malang). Catatan: Disertasi bukan jurnal
Suherman, A. (2007) juga menyumbang dalam bidang pendidikan melalui bukunya Dasar-dasar Penjaskes yang diterbitkan di Jakarta oleh Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sport & Science 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).