UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DIKELAS Vlll SMP NEGERI 5 KUPANG

Authors

  • Emiliana Ngongo Universitas persatuan guru 1945 NTt

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode peta konsep serta menganalisis peningkatakan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Kupang melalui metode tersebut. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kupang pada semester II tahun ajaran 2024/2025, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan siswa, guru, dan kepala sekolah, serta analisis dokumen arsip dan foto kegiatan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah metode pembelajaran peta konsep meliputi persiapan, pemilihan peran, penjelasan materi, metode pelaksanaan, diskusi dan analisis, serta evaluasi dan kesimpulan. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) IPS Kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang ditetapkan 74, dengan persentase ketuntasan klasikal minimal 74%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa setelah dua siklus perlakuan. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 68% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peta Konsep berhasil meningkatkan kemampuan dan hasil berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 5 Kupang.

References

Anggraeni, M. A., Karyanto, T., & Khairati, W. (2018). "Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun." Journal of Early Childhood Care & Education, 1(1).

Fauziah, E. A. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) menggunakan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak. (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). Catatan: Disertasi bukan jurnal, tapi bisa masuk kategori "lainnya" jika memang relevan dan tidak ada versi jurnalnya. Jika dianggap sebagai jurnal, perlu dipastikan apakah ini publikasi peer-review.

Hmelo-Silver, C.E. (2004). Problem-Based Learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. Catatan: Tahun terbit 2004, di luar 10 tahun terakhir.

Kristin. (2016). Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Catatan: Sumber ini disebutkan sebagai buku atau mungkin artikel non-jurnal. Jika ini adalah artikel jurnal, format perlu disesuaikan dengan volume/nomor.

Masgumelar, N.K., & Mustafa, P.S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan aplikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Mogashoa, T. (2014). Penerapan teori konstruktivis dalam penelitian pendidikan kualitatif. American International Journal of Contemporary Research, 4(7), 51-59. Catatan: Tahun terbit 2014, di luar 10 tahun terakhir.

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. (Doctoral dissertation, State University of Malang). Catatan: Disertasi bukan jurnal

Suherman, A. (2007) juga menyumbang dalam bidang pendidikan melalui bukunya Dasar-dasar Penjaskes yang diterbitkan di Jakarta oleh Depdikbud.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Ngongo, E. (2025). UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PETA KONSEP DIKELAS Vlll SMP NEGERI 5 KUPANG. Jurnal Sport & Science 45, 7(1), 388–394. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/jss/article/view/390