MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAKAN ROLL DEPAN MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP
Keywords:
Roll Depan, Variasi PembelajaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan gerakan roll ke depan melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas IX SMP Kihadjar Dewantoro Kupang. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Kihadjar Dewantoro Kupang yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penilaian rubrik kerja roll ke depan. Teknik analisa data yang digunakan adalah menghitung nilai persentase ketuntasan klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan roll ke depan melalui variasi pembelajaran pada siswa Kelas IX SMP Kihadjar Dewantoro Kupang dengan nilai rata-rata keterampilan siswa sebesar 82.64, dalam kategori kompeten dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89%.
References
Agusta, Hendra. 2009. Pola Gerak Dalam Senam 2. Jakarta: CV. Ipa Abong. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Husdarta, JS. 2014. Belajar dan Pembelajara Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
John dan Traetta Jean Mary. 2008. Dasar-Dasar Senam. Bandung: Angkasa Bandung.
KTSP. 2007. Panduan Lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yudhistira.
Kusuma. Iwan Arya. 2016. Peningkatan Kemampuan Senam Guling Depan Dengan Pembelajaran Bervariasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Krebet Semarang Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah SPIRIT. Volume 16, Nomor 2.
Permatasari. Dkk. 2012. Pembelajaran Roll Depan Menggunakan Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 1 (2) (2012).
Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Stastik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Suhardjono. 2003. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No 3 Pasal 21 Tahun 2005 Tantang Sistem Keolahragaan Nasional.
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wahyudi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Kaki Tekuk Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).