UPAYA GURU PENJAS DALAM MEMANFAATKAN PERMAINAN BOLA KECIL KASTI BERBASIS LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI KELAS IV SDI OEBA 4 KOTA KUPANG
Keywords:
MEMANFAATKAN PERMAINAN BOLA KECIL KASTI BERBASIS LOKALAbstract
permainan bola kasti adalah satu di antara jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Olahraga ini mirip dengan sofbol dan bisbol, tetapi permainan kasti memiliki perbedaan mendasar, mulai teknik hingga peraturan. Kasti merupakan permainan yang mengutamakan kerja sama antarpemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan. Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga.Tujuan Penelitian : ini Untuk mengetahui upaya guru penjas dalam memanfaatkan permainan bola kecil (kasti) berbasis lokal di kelas IV SDI Oeba 4 kota Kupang. Metode Penelitian : Metode penelitian adalah suatu cara yang dilakukan untuk menemukan kebenaran atau lebih membenarkan tentang suatu masalah yang ingin diteliti kebenaran oleh peneliti. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian tentang pendidikan jasmani maka memiliki pengertian yaitu suatu proses yang dilakukan secara sistematis melalui kegiatan jasmani,kebugaran jasmani,kemampuan dan keterampilan,kecerdasan dan keterampilan watak serta kepribadian yang harmonis. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan berkaitan dengan judul penelitian upaya guru penjas dalam memanfaatkan permainan bola kecil kasti berbasis lokal dalam pembelajaran penjas di kelas IV SDI oeba 4 kota kupang maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dari hasil hasil penelitian ditemukan banyaknya siswa yang pandai dalam melakukan permainan bola kasti dan berprestasi dalam cabang olahraga yang diikuti oleh para siswa ditingkat sekolah. Adapun bentuk perhatian yang diberikan oleh guru adalah memberikan dukungan serta mendoakan dan membantu dalam berbagai kebutuhan baik moril maupun materi.
References
Aditia Syaprillah. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Hukum Lingkungan.Yogyakarta Bengen,
Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abdul Kodir. 2015. Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Agung, A.A.G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap v Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri UNGGUL Sigli. Jurnal Biologi Edukasi Vol.7 No.1, 16.
Arsil. (2015). Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang : Wineka Media
Aqib, Zainal. (2015). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Dietriech G. (2001). Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. IPB, Bogor.
Hikmah. (2016). Pengaruh Faktor Gender Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(1),39–47.
Mahendra, S. (2015). Keterkaitan modal sosial dengan strategi kelangsungan usaha pedagang sektor informal di Kawasan Waduk Mulur: Studi kasus pada pedagang sektor informal di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2).
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pe ndidikan Anak, 4(1).
Pratama, A. A. (2021). Efektivitas Balance Exercise Dan Gait Training Dalam Meningkatkan Keseimbangan Dan Kecepatan Berjalan Pada Kasus Stroke Iskemik. Indonesian Journal of Physiotherapy.
Rosida, L. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMA PGRI 4 Banjarmasin. Homeostasis, 1: 1–7.
Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1449–1463
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).