STUDI TENTANG PENERAPAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN DALAM PEMBELAJARAN DI SDI OEPURA 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Reky Lidiana Banu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Keywords:

Prinsip Understanding by Design, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran di SDI Oepura 2, Kota Kupang. UbD merupakan pendekatan yang menekankan perencanaan pembelajaran berbasis hasil belajar yang diharapkan (backward design). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UbD di SDI Oepura 2 membantu guru dalam merancang pembelajaran yang lebih terstruktur, fokus pada tujuan pembelajaran, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru tentang prinsip UbD dan keterbatasan fasilitas pendukung. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan untuk guru serta pengembangan sumber daya pendukung untuk optimalisasi penerapan UbD dalam pembelajaran

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sadiman, A. S., dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugilar, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusufhadi Miarso. (2004). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-11-21

How to Cite

Banu, R. L. (2024). STUDI TENTANG PENERAPAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN DALAM PEMBELAJARAN DI SDI OEPURA 2 KOTA KUPANG. Jurnal Sport & Science 45, 6(2), 64–71. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/jss/article/view/276