STUDI TENTANG PENERAPAN PRINSIP UNDERSTANDING BY DESIGN DALAM PEMBELAJARAN DI SDI OEPURA 2 KOTA KUPANG
Keywords:
Prinsip Understanding by Design, PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip Understanding by Design (UbD) dalam pembelajaran di SDI Oepura 2, Kota Kupang. UbD merupakan pendekatan yang menekankan perencanaan pembelajaran berbasis hasil belajar yang diharapkan (backward design). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UbD di SDI Oepura 2 membantu guru dalam merancang pembelajaran yang lebih terstruktur, fokus pada tujuan pembelajaran, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru tentang prinsip UbD dan keterbatasan fasilitas pendukung. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan untuk guru serta pengembangan sumber daya pendukung untuk optimalisasi penerapan UbD dalam pembelajaran
References
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sadiman, A. S., dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugilar, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yusufhadi Miarso. (2004). Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).