STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK DI SD NEGERI SAKTEO KECAMATAN MOLLO TENGAH
Keywords:
Strategi pembelajaran, Senam RitmikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menguraikan Strategi pembelajran Aktivitas Ritmik yang terlaksana di SD Negei Sakteo Kecamatan Mollo Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dan sumber data dalam penelitian ini adalah guru PJOK dan siswa siswi kelas V yang berjumlah 20 orang.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan 5 strategi pembelajaran aktivitas ritmik di SD Negeri sakteo meliputi: (1) guru menjelaskan materi senam ritmik sesuai kebutuhan siswa di sekolah agar siswa siswi paham dengan materi yang disampaikan. (2) guru memiliki keterampilan dan kemampuan dalam mempraktekan gerak dasar senam ritmik. (3) guru mampu menghadapi kendala dalam proses pembelajaran senam ritmik. (4) metode pembelajaran yang menarik sehingga siswa – siwi tidak merasa bosan . (5) sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran senam ritmik..
References
Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 36, 1991. Budi, DR (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Olahraga, 4 (1), 1-20.
Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Achadi, E. L., Taher, A., ...& Khusun, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: concept, progress, and challenges. The Lancet, 393(10166), 75-102.
Abdi, A. W., & Kamaruddin, T. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Modelpembelajaran Permainan Ludo Dan Geo-Monopoly Dalam Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 3(3).
Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Olahraga, 4(1), 1-20.
Dwiyanti, L., Ma'mun, S., & Resita, C. Tingkat Pemahaman Aktivitas Ritmik pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara.
Hidayat, K. N. (2017, July). The Analisis Proses Berfikir Spasial Siswa Pada MateriGeometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 385-394).
Kemal, K. A. (2020). Model Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Pembelajaran Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA), 3(02), 61-68.
Mulyani, D., & Hartono, D. (2018). Pengaruh efisiensi energi listrik pada sektor industri dan komersial terhadap permintaan listrik di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 11(1), 1-17.
Nugraha, SA, Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh keberanian belajar terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian , 1 (3), 265-276.
Putro, B. S. (2017). Penerapan integrasi model pembelajaran Project Based Learning dan Part-Whole untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas ritmik materi pokok SKJ 2012 pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2016/2017. Sembiring, H., & Wiyaka, I. (2021). Korelasi kekuatan otot lengan dan otot tungkai dengan kecepatan atlet renang. Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 1(2), 75-83.
Romadhon, B., & Sugiarto, S. (2019). Pengaruh senam lansia terhadap tingkat kebugaran, lemak tubuh dan kekambuhan nyeri sendi pada lansia. Journal of Sport Science and Fitness, 5(2), 123-130.
Silitonga, F. A., & Verawati, I. (2019). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dengan Prestasi Belajar Siswa Putra Kelas Xi Sma N 1 Sipahutar Tapanuli Utara. Jurnal Kesehatan Dan Olahraga, 3(1), 29-38.
Sugiyono, EI (2014). Pengembangan bahan ajar menyimak berbasis multimedia interaktif dalam model belajar mandiri untuk sekolah menengah pertama. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2).
Sukmawati, N. (2017). Pengembangan senam bina darma untuk pembelajaran aktivitas ritmik pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10 (1), 33-42.
Turah, S. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Ritmik Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iv SD Negeri Kejambon 7 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Wandini, R. R. (2018). Pengaruh penerapan strategi contextual teachinglearning terhadap hasil belajar matematika pengukuran sudut pada mahasiswa pgmi semester iv uin sumatera utara. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(2).
Yulianti, YA, & Wulandari, D. (2021). Flipped class: Model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21 sesuai kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7 (2), 372-384.
Zamroni, Z., Afifuddin, A., & Widodo, R. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Pada Pelayanan Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kantor Keluran Dinoyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Studi Kasus Pada Kantor Kelurahan Dinoyokecamatan Lowokwaru Kota Malang). Respon Publik, 13(2), 75-82.
Downloads
Published
Versions
- 2024-11-19 (3)
- 2024-11-18 (2)
- 2024-11-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).