PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP GULING DEPAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KOTA KUPANG
Keywords:
Kelentukan, Togok, Guling DepanAbstract
Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri., lebih detail lagi bahwa gerakan guling depan dibagi menjadi beberapa fase mulai dari sikap berdiri kemudian badan diturunkan sehingga menjadi labil dengan cara memindahkan titik berat badan ke depan atau dari kedua kaki ke kedua tangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui peningkatan latihan senam lantai guling depan.,Sebagai pedoman untuk meningkatkan bakat siswa SD Negeri Fatubena. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yangdigunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu), Karena melalui perlakuan yang diberikan dalam suatu penelitian, seorang peneliti akan melihat hubungan sebab akibatsebagai pengaruh dari latihan atau perlakukan yang diberikan oleh peneliti terhadap para sampel.Hasil Tes awal: 70,8 Hasil Tes Akhir: 81,6 dan hasil t-hitung: 9,85%Hasil t-hitung selanjutnya di bandingkan dengan df-1(19) dalam table taraf ada hubungan yang singnifikasi kelentukan togok dengan keterampilan senam lantai guling depan pada siswa kelas IV SDN Fatubena dengan nilai 1,729 (0,005) maka didapat t-9,85> 1,729, sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif Diterima dan hipotesis Nol Ditolak yang artinya ada peningkatan kualitas guling depan Untuk mengetahui presentase peningkatan guling depan melalui latiahan/perlakuan kelentukan togok selama 6 minggu dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa latihan kelentukan togok terhadap guling depan pada siswa kelas IV SD Negeri Fatubena Kecamatan Maulafa Kota Kupang meningkatyaitu sebesar 13%.
References
Ahmadi,A (2015). Psiklogi umum.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ambardini, R.L. (2014). Pendidikan jasmani dan prestasi akademik: tinjauan neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 6, Nomor 1.
Arikunto,S. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.
Aunurrahman.(2016). Belajar dan pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Aji W. P. M (2015 tingkat kemampuan guling depan peseta di SD Budi Mulia dua panjen Yogyakarta, skripsi program studi pendidikan guru sekolah dasar penjas,Yogyakarta.
Alif, N Sulaiman (2015) faktor-faktor determinal dalam pendidikan.jurnal Al-Tadib.Vol.8, No.2
AgustinaN.(2018). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish
Dimyanti,&muddjiono. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2014). Media pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Hasan, F. (2015). Psikologi belajar. Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta.
Mahendra, A. (2017). Pemanduan bakat olahraga senam. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa, E. (2018). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.
Materi Senam Lantai Pada Gerak Untuk Siswa IV SD 19 Surabaya. Jurnal mahasiswa terknologi pendidikan. 10(29).
Permatasari. D. A. Bambang , P., & Rustiadi, T. (2013)Materi Senam Lantai Pada aGerakan Roll Depan Mengunakan Matras Bidan Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. ACTIVE: Journal of Physical Education,Sport, Health and Recreation, 1(2), 99-103.
Prasetya. A. B. (2016) Pengembangan Media Alat Bantu Roll Depan Senam Lantai. Journal of Physical Education, Sprot, Health and Recreations, 5 (3), 114-116.
Prasetyo, I. D., & Susarti. (2016) Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai guling depan melalui penggunaan media video. Jurnal pendidikan jasmani Indonesia, 12(1), 5-10.
Purnami, S., Sudjana, I. N. (2016). Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Mengunakan Media E-Learning Untuk Siswa SD Negeri Se-Kecamata Pagak, Kabupaten Malang. Motion, 7(2), 183-190.
RRM Putra (2022) Abu Ahmadi Amanuloh (2015). (Depdiknasi 2015)OSJ Telaumbanua (2021) majalah ilmia oleh Raga TIK UNY Volume 11 (2015)
Sumarni, T. (2017). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Kota Pekanbaru. PIGUR: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 40-48.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukintaka. (2017). Teori pendidikan jasmani. Yogyakarta: Esa Grafika.
Tim A Afikarina (2017) https:timaafikarina-tren-guling-depan-ism-ckJr(diakses pada 10 Mei 2019).
Simanjuntak, Victor, G., Kaswari, & Supriantna, E. (2008). Bahasa Ajar Cetak:Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dirjen Dikit Depdiknas.
Sandi, I. N., Agung, A. A. G., Candiasa, I. M., Suastra, I. W., Tika, I. N., Pageh, I. M., & Dantes, G. R. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmia Undiksha. In Undiksha Univesity Press.Undiksha University Press.
Sumarni, T. (2017). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Kota Pekanbaru. PIGUR: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 40-48.
Sugarwanto, Okilanda, A. 2020. Pengaruh latihan kelentukan statis terhadap senam lantai forward roll pada atlet usia dini. Jurnal OfSPORT. Vol. 4 No. 1
Wijaya, M. A., & Kanca, I. N. (2018) Buku Ajar Paradikma Baru Pembelajaran PJOK . In Jurnal Ilmu Keolahragaan Undikssha.
Yusuf, Y. (2018). Peningkatan Ketrampilan Senam Lantai Siswa Kelas IV SDN Dempelan 01 Melalui Pembelajaran Langsung Dengan Dengan Metode JIGSAW. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1),54-59.https://doi.org/10.25273/pe.v8iI.2366.
Downloads
Published
Versions
- 2024-11-16 (2)
- 2024-11-16 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).