PERAN ORANGTUA DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN RABEKA DI DESA RABEKA KECAMATAN AMARASI TIMUR KABUPATEN KUPANG
Keywords:
Peran Orang Tua, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memperhatikan prestasi belajar siswa, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, panduan wawancara dan catatan lapangan. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan orang tua dalam membimbing anak belajar masih belum optimal hambatan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak belajar dirumah adalah orang tua sibuk sehingga tidak memiliki waktu, selain itu faktor ekonomi sehingga orang tua tidak dapat menyediakan fasilitas belajar usaha orang tua dalam mengatasi hambatan membimbing anak adalah orang tua berusaha meluangkan waktu untuk mengawas anak dan memberikan bimbingan kepada anak.
References
Arifin HM, Hubungan Timbal Balik Pendidikan di Lingkungan Sekolah dan Keluarga,Jakarta, Bulan Bintang, 1976.
AM Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, Jakarta Rajawali Press.
DEBDIKBUD. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta , Balai Pustaka.
Diyah, Armunto. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Djaali.H. 2007. Faktor-faktor prestasi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarna. 2007. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Media republika. 2006. Mencerdaskan Perilku Anak usia Dini. Jakarta: Elek MediaKomputindo
Pidarta. 2004. Petunjuk Mendidik Anak (pedoman mendidik anak).Jawara Surabaya
Prakoso. 1991. Cara Menjadi Orang Tua yang Baik, Jakarta, Binarupa Aksara.
Pramuji Wibowo. 2007. Pola asuh Orang Tua Dalam membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta. Rineka Cipta
Sarwono. 2002. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.
Sagala, Saiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta
Suwarno. 1997. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: Menara Mas.
Sia Tundjing. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah, 2002,Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Slameto, 1995.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: RinekaCipta.
Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refikapitama.
Zeini Mohammad, 1993. Metodologi Pengajaran Agama III, Yogyakarta, SumbangsihOffset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).