EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA NEGERI BANAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Metode, Siswa, dan BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa SMA Negeri Banat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode resitasi atau pemberian tugas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa pada kelompok eksperimen dan 32 siswa pada kelompok kontrol atau konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi atau pemberian tugas terhadap minat belajar siswa yang ditunjukan dengan output statistik deskriptif yang diperoleh nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 73.97 dan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 89.56. Sedangkan hasil pre-test kelompok kontrol sebesar 64.75 dan post-test kelompok kontrol sebesar 76.12, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara minat belajar siswa yang memperoleh perlakuan metode resitasi dengan siswa yang tidak menerima perlakukan metode resitasi atau konvensional. Selain itu terdapat perbedaan minat belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau konvensional yang ditunjukan dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Oleh karena itu, sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji mann-whitney di atas maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan rata-rata minat belajar siswa yang menerima perlakuan metode resitasi dengan siswa yang tidak menerima perlakuan metode resitasi atau konvensional
References
Amriawan, 2018. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.
Ahmad Rifa’i Nana Sudjana, 2018. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmojo, Yuliati, Eko. (2019). Hubungan Antara Derajat Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Mengajar Guru (Studi Pada SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 di Salatiga). Tesis. Salatiga: PPS-MMP Universitas Kristen Satya Wacana.
Azwar, Syaifuddin. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Darmawan, Pujito. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2012/2013. Thesis. Semarang: Univesitas Negeri Semarang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan A. Zain.(2016). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. PT.Remaja Roesydah Karya.
Kurniawan, Arif & Harini, Esti. (2014). Upaya meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gebangsari Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 1, 23-30.
Loekmono, JT. Lobby. (2022). Bimbingan Bagi Anak Remaja yang Bermasalah. Jakarta: CV.Rajawali.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktaviana, Reny. (2013). Studi Perbandingan Hasil Belajar Metode Resitasi dan Metode Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas XII IPS. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Pramanta, Hertali, Vita. (2013). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Roestiyah, 2022. Strategi Belajar Mengajar, Bina Aksara, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT. REMAJA ROSDAKARYA..
Slameto (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).