TINJAUAN PROGRAM LATIHAN ATLET PUTRI LARI 5000 M DI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
Keywords:
Program Latihan, Lari 5000 mAbstract
Tujuan dari peneltian ini menunjukan bahwa,Tinjauan Program latihan seorang pelatih atletik dalam melatih atlet atletik di nomor lari 5000 meter selaluberjalan lancar, pelatih selalu memberikan program latihan motivasi dan dukungan kepada atletuntuk tetap semangat dalam mengikuti latihan program latihan di PPLP NTT terhadap program latihan nomor 5000 meter Provinsi NTT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian dalam penelitian ini adalah PPLP dan atlet atletik nomor lari 5000 meter. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang pelatih dan 2 orang atlet. Penggumpulan data menggunakan teknik wawancara dan didukung dengan dokumentasi selama melakukan penelitian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa, Tinjauan Program latihan seorang pelatih atletik dalam melatih atlet atletik di nomor lari 5000 meter selaluberjalan lancar, pelatih selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada atlet untuk tetap semangat dalam mengikuti latihan. Pelatih juga memberikan program latihan untuk memakximalkan latihan atlet sehingga atlet bisa meraih prestasi. Dariprogram latihan tersebut atlet telah banyak memenangkan event/perlombaan dan memperoleh hadiah/bonus. Berdasarkan teknik penggumpulan data dapat disimpulkan bawah program latihan yang sistematis dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pencapaian prestasi atlet.
References
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Astrand P.O. and K, Rohdal. 2003. Textbook of Work Physiology. 3rd ed. New York : McGraw-Hill Book Company. P. 355-386
Bompa., Tudor, 2019 Theory and Methodology of Training. Toronto, Ontario, Canada: Kendal Hunt Publishing Company.
Direktorat Jenderal Olahraga, Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Petunjuk Pembentukan Pusat Pendidikan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Jakarta: Proyek Pemberdayaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (Pusat).
Harsono. 2013. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologi dalam Coaching. Jakarta : PT. Dirjen Diki P2LPT
IAAF. 2006. Competition Rules 2010-2016. Jakarta: Staf sekertariat RDC.
Jamalong, A. (2016). Peningkatan prestasi olahraga nasional secara dini melalui pusat pembinaan dan latihan pelajar (PPLP) dan pusat pembinaan dan latihan pelajar (PPLP).
Lubis. 2013. Paduan Praktis penyusunan Program Latihan. Jakarta Raja Grafinda Persada.
Khomsin. 2011. Atletik 1. Semarang: UPT UNNES Press
Moelong, J. 2016. Pengantar Metode Kualitatif. Jakarta: Obor Nasional.
Narimawati, Umi. 2010. “Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi.” Jakarta: Genesis.
Purnomo, E. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik . Alfamedia. Yogyakarta ,
Sukadiyanto. 2015. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik.Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Sukadiyanto. 2011. Olahraga Untuk Pefora Atlit. Yogyakarta:
Sekaran, Uma. 2011. Metodologi Penelitian Untuk program latihan. Jakarta: Salemba Empat.
Sukandiyanto. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Penelitian Melatih fisik.
Bandung: Lubuk Agun.Sugiyono. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta..
Yoyo, Bahagia dkk.2000. Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yusuf, Adisasmita dan syarifudin. 2012. Program Latihan Dasar. Jakarta Depdikbud
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Sport & Science 45
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).