UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK TAKRAW MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN JALA HIP HOP PADA SISWA KELAS V SD INPRES FATUFETO 2 KUPANG
Keywords:
Takraw, Jala Hip-Hop, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih ditemukan siswa yang kurang tertarik dan kurang bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran materi permainan sepak takraw. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar materi permainan sepak takraw belum optimal. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar sepak takraw melalui pendekatan permainan jala hip hop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, siswa kelas V SD Inpres Fatufeto 2 Kupang berjumlah 21 orang sebagai subjek. Instrumen pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar. Siswa tuntas siklus 1 = 28,57%, siswa tuntas siklus 2 = 95,2%. Mean siklus 1= 73,8% dan siklus 2 = 82,7%, peningkatan 8,9%. Disimpulkan bahwa melalui pendekatan permainan jala hip hop, dapat meningkatkan hasil belajar permainan sepak takraw. Saran untuk guru Pendidikan jasmani agar dapat mengembangkan model-model permainan yang lebih menarik, untuk diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan jasmani.
References
Akhmad, Imran. 2011. Metode Melatih Fisik. Medan: Unimed Press.
Husdarta, S. 2014. Sejarah dan Filsafat Olahraga, Bandung : Alfabeta.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Nasutions S. 1996. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung : Penerbit : Jenmars.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
Radcliffe J C and Farentinos, R. C. 2015. Plyometric Explosive Power Training. Znded. Champaign, Illions: Human Kinetics Published, Inc
Romizowski, A.J. 1981. Designing Instructionnal System. New York : Kogan Page Michols Publishing.
Siburian, P. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Takraw Melalui Pendekatan Permainan Jala Hip Hop Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sabungan Nihuta Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir, Medan: Jurnal ABDIMAS Budi Darma.
Sofyan, A. 2015. Sepak Takraw Untuk Pelajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sukardi, M. 2013. Metode Penelitian dan Pendidikan dan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sulaiman. 2008. Sepak Takraw. Semarang. Unnes Press
Sunarno, Agung & Sihombing, R.Syaifullah D. 2011. Metode Penelitian Keolahragaan. Surakarta: Yuma Pustaka.
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 35 tentang Kegiatan Pokok Guru
Zainal Aqib, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Sport & Science 45
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).