Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Guna Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV SD Inpres Kerora
Keywords:
guru, bimbingan, konseling, motivasi belajar, siswa, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa melalui peran guru bimbingan konseling kelas IV SD Inpres Kerora tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Metode ini bertujuan untuk mencari, menganalisis mengorganisasikan, dan memilih data. Metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan konseling dalam pembelajaran sangat dibutuhkan siswa untuk memotivasi dalam hal belajar. Penelitian ini bermaksud untuk membantu melihat gejala fenomenal-fenomenal riil di lapangan seperti fenomena siswa korban bullying, fenomena siswa yang korban broken home, dan lain-lain. Hasil dari penelitian yang diperoleh, peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Inpres Kerora terdapat peran guru bimbingan konseling yaitu guru bk berperan sebagai pembimbing agar berjalannya proses Pendidikan dengan baik, guru bk berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan memantau absen peserta didik setiap kelasnya. Dengan berbagai macam peran guru bk, mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar.
Downloads
References
Amani, A. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 15(1), 20-34.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan penabur, 7(10), 11-21.
Astuti, DWIP. (2018). Kajian Pustaka Peran Guru Bimbingan dan Konseling. (http://repo.iain-tulungagung.ac.id), 1- 16.
Anggyanna, R. (2018). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar. (https://etheses.uin-malang.ac.id), 39-57.
Bowling, Nathan, A. (2007). Is the Job Satisfaction-Job Performance Relationship Spurious? A Meta-Analytic Examination. Journal of Vocational Behavior, Vol. 71 (2), 167-185.
Elihami, E., & Agung, A. (2021). Teacher Guidance and Counseling with Al- Islam and Kemuhammadiyahan in Ajatappareng Region: Learning Styles and Models of Islamic Education. EduPsyCouns: Journal Of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 1-7.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Kamaluddin, H, (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(4), 447-454.
Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.
Safithry, E. A. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14 (2), 171-179.
Sitanggang, R. (2021). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era COVID-19 (Studi Literatur). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5101-5108.
Setianingsih, E. S. Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1).
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.