Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII di MTs Darul Irfan
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.70942/ciencias.v8i2.466Keywords:
Kesulitan Belajar, Siswa , MTSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VII di MTs Darul Irfan serta memberikan rekomendasi strategi pembelajaran yang sesuai. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi terhadap 50 siswa yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori pencapaian belajar "sedang", dengan rata-rata nilai 41,36. Kesulitan yang paling dominan mencakup pemahaman materi yang rendah, lambat dalam menerima pelajaran, kurang percaya diri, dan rendahnya semangat belajar. Penelitian ini merekomendasikan adanya pendampingan intensif bagi siswa berkategori rendah, program pengayaan bagi siswa berkategori tinggi, serta evaluasi dan inovasi strategi pembelajaran oleh guru. Kolaborasi antara guru BK, guru mata pelajaran, dan orang tua juga penting untuk mendukung proses belajar siswa secara optimal.
This study aims to identify the types of learning difficulties experienced by seventh-grade students at MTs Darul Irfan and provide appropriate learning strategy recommendations. Using a descriptive quantitative approach, data were collected through questionnaires, observation, and documentation involving 50 purposively selected students. The findings reveal that most students fall into the “moderate” academic achievement category, with an average score of 41.36. The most dominant learning difficulties include difficulty understanding the material, slow comprehension, lack of confidence, and low learning enthusiasm. The study recommends intensive support for low-achieving students, enrichment programs for high achievers, and regular evaluation and innovation of teaching strategies. Collaboration among guidance counselors, subject teachers, and parents is also essential to support students' learning processes effectively.
Downloads
References
Darimi, I. (2016). Diagnosis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran aktif di sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30–43.
DI, K. B. M. P. D., & CAHYANA, A. (n.d.). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENGATASI.
ENDAH, W. P. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAN 2 GADINGREJO. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Evita, Z., Rahmi, R., & Efendi, Y. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VII MTs Batamiyah Batam. Simbiosa, 4(1).
Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-jenis kesulitan belajar dan faktor penyebabnya sebuah kajian komperehensif pada siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89–102.
Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan konteks peningkatan mutu pendidikan. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2).
Jannah, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Barurambat Timur 1. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Marbun, S. M., Th, S., & PdK, M. (2018). Psikologi pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Mgpiroh, N. L., Muta’aliyah, Z. A., & Sopiah, A. D. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DAN STRATEGI PENANGANANYA: STUDI KASUS DI MTS NEGERI 2 PANGANDARAN. JKaKa: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 5(1), 16–28.
Munirah, M. (2018). Peranan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Tarbawi, 3(02), 111–127.
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55–62.
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Oktavia, S., Imamuddin, M., Syafira, N., Rahmi, F., & Iqbal, M. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas VII MTS Muhammadiyah Tanjung Ampalu. KOLONI, 1(4), 476–482.
Sukiyani, F., & Sleman, B. (2015). Best Practice Mendampingi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.