Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Kartu Ceria Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Siswa

  • Jolis Joskar Anderias Djami Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Paulus Natalis Nggaa Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
Keywords: modification of physical education learning, cheerful cards, motivation of achievement, self-concept

Abstract

The aimed of this research is to know the influence of modification of physical education learning using cheerful cards to the motivation of achievement and student self-concept at private junior high school of PGRI Kupang. This research is quasi-experiment research by wearing a model one group Pretest-postest design. Respondents numbered 60 students with research samples taken randomly; there are control groups (n = 30) and experiment groups (n = 30). The results showed that the modification of physical education learning using cheerful cards affects the motivation of achievement and self-concept of private junior high school of PGRI Kupang with a value of sig. 0.000 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahagia, Y., Suherman, A. (2011). PrinsipPrinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Surabaya: Depertemen Pendidikan Nasional Diriektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Buchari, Alma., Mulyadi, H., Razati G., S. Nuryati, L. B. (2014). Guru Profesionalisme (Meguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Calhoun, J. F. (1995). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dami, Z. A., Tameon, S. M., & Alexander, F. (2018). Spiritual Well-being As an Intervening Variable Mindfulness and life Satisfaction. Konselor, 7(4), 124137. https://doi.org/10.24036/020187410238 3-0-00

Dami, Z., A. (2018). Kematangan Karir dan Konsep Diri Sebagai Prediktor Motivasi Berprestasi. Prosiding Seminar Nasional Konvensi BK ke-XX & Kongres ABKIN ke-XIII, 119-132, Pekanbaru.

Dami, Z., A. (2019). Pedagogi Shalom: Analisis Kritis Terhadap Pedagogi Kritis Henry A. Giroux dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen di Indonesia. Jurnal Filsafat, Vol. 29, No. 1, 134-165, doi: 10.22146/jf.42315.

Dami, Z. A., Pandu, I., Anakotta, E., & Sahureka, A. (2019). The contribution of levinas’ conception of responsibility to the ethical encounter counselorcounselee. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 71-83. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n2.291

Daniel, Stepanus, & Hasali, Friska. (2016). Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, Volume 1, Nomor 2, 273-293.

Djaali, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hakimah, & Gunawan, Harry. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Permainan Dari Bahan Bekas Pada Kelompok B di Kelompok Bermain Dharma Mulya Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal WARNA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1, 1-15.

Haryati, A., Yusmansyah, & Utaminingsih, Diah. (2013). Meningkatkan Konsep Diri Positif Dalam Belajar Dengan Menggunakan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. ALIBKIN Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 2, No. 2, 1-11.

Haryani, Ratna, & Tairas, M.M.W. (2014) Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Berprestasi Dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Vol, No. 01, 30-36.

Husdarta,H.J.S. (2010). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.

Maksum, Ali. (2011). Psikologi Olahraga (Teori dan Aplikasi). Surabaya: Unesa University Press.

Maksum, Ali. (2012). Metodologi Penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Megawangi, R., Dona, R., Yulisinta, F. Dina, F.W. (2015). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Mutohir, Toho Cholik. (2013). GagasanGagasan Tentang Pendidikan Jasmani Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Nurhasan, (2015). Keefektifan model pembelajaran modifikasi olahraga terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani siswa. Disertasi (Tidak diterbitkan). Surabaya: Program Pascasarjana Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya.

Partosuwido, S. R. (1992). Penyesuaian diri mahasiswa dalam kaitannya dengan konsep diri, pusat kendali dan status Perguruan Tinggi. Disertasi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Purwanto, Yuli. (2011). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Modifikasi Permainan Bola Tangan Melalui Pendekatan Lingkungan Luar Sekolah Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Banaran Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi (tidak dipublikasikan). Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Rosdiani, Dini. (2012). Model Pembelajaran Langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Saefudin, Amad. (2012). Penerapan Metode Permainan Menggunakan Kartu Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa V SD. Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgs dkebumen/article/view/284, tanggal 18 Maret 2019.

Sardiman, (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Published
2019-07-31
How to Cite
Djami, J., & Nggaa, P. (2019). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Kartu Ceria Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Konsep Diri Siswa. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/37
Section
Articles