Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar

  • Lokot Lokot SMPN 1 KUNTO DARUSSALAM
Keywords: pembelajaran kooperatif tipe, Think Pair Share, media gambar, hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1  Kunto Darussalam tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 7 September sampai dengan  29 September 2015.Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11  siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari nilai PPK dan KI. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK 69,25 meningkat sebesar 13,24% pada siklus 1 menjadi 82,49  dan pada siklus II meningkat 5,21 % menjadi 87,70.Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 55 pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 45% menjadi 100, pada siklus II tuntas 100% .Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 65% dan meningkat 25% menjadi 90% dan pada siklus II meningkat 10 % menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam Tahun Ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2009). Paradigma Belajar IPA Biologi, diakses dari http://nizamudinshamazia.wordpres.com. Pada tanggal, 11 Febuari 2012.

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta.

Benniyan . (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIB SMPN 3 Benai Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi (tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2010). Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: AV Publiser.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elfis. (2010). Bahan Ajar Cetak, diakses dari http://elfisuir.blogspot.com/2010/01/bahan-ajar-cetak.html, pada tanggal, 20 Maret 2012).

____.(2010). Alur PTK. Diakses dari http://elfisuir.blogspot.com, pada tanggal, 20 Maret 2012).

____.(2010). Hubungan Antara Konstruktivisme dengan Pendekatan Kontekstual. Diakses dari http:// elfisuir. blogspot.com.html, pada tanggal, 20 Maret 2012).

____.(2010). Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Biologi. Diakses dari http://elfisuir.blogspot.com.html, pada tanggal, 20 Maret 2012.

____.(2010). Teknik Analisis Data. Diakses dari http://elfisuir/blogspot.com/2010/01/teknik analisis data.html, pada tanggal, 20 Maret 2012).

____.(2008). Panduan Umum Pemetaan Standar Isi SMP/MTs dan SMA/MA. Tidak diterbitkan. Pekanbaru. FKIP-UIR.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M. Rachmadiarti, F. Nur, M. dan Ismono. (2000). Model Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Iskandar, D. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII5 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak dipublikasikan) Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie. A, (2010). Mempraktekkan Cooperatif Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo PT Grasindo.

Minirianti, R. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kampar Kiri Hilir Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi (tidak dipublikasikan). Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Sadiman, A. (2007). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya,W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorentasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sardiman, A.M. (2010.2012) .Interaksi dan motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Raja Wali Press.

Slavin.R.E, (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media.

Sudjana, N. (2008). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Published
2019-01-09
How to Cite
Lokot, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 47-54. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/32
Section
Articles