Pengaruh Persepsi, Sikap, dan Perilaku Terhadap Soft Skill Peserta Didik SMA Kristen 2 Kupang

  • Anggalia Vina Evathia Ndun Sekolah Lentera Harapan Kupang
  • I Gusti Bagus Arjana Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Robertus Se Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Perception, Attitude, Behavior, Soft Skills

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi terhadap soft skills peserta didik. (2) pengaruh sikap terhadap soft skills peserta didik. (3) pengaruh perilaku terhadap soft skills peserta didik. (4) pengaruh antara persepsi, sikap dan perilaku secara bersama-sama terhadap soft skills peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Proportionate Stratified Random Sampling karena terdapat level kelas yang berbeda (kelas 10, 11 dan 12) peserta didik di SMA Kristen 2 Kupang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui ketiga variabel bebas yaitu persepsi, sikap dan perilaku secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat soft skills. Secara terpisah (parsial) semua variabel bebas yang terdiri dari persepsi, sikap dan perilaku berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat soft skills peserta didik SMA Kristen 2 Kupang. Sumbangan dari ketiga variabel bebas yaitu persepsi, sikap dan perilaku terhadap variabel terikat yaitu soft skills adalah sebesar 50,4% sedangkan sisanya sebesar 49,6% adalah kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Dimana variabel persepsi berkontribusi sebesar 6,8%, variabel perilaku berkontribusi sebesar 5,4%, dan variabel sikap menyumbang kontribusi paling besar 38,2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinata, Afat FX dan Wu, Kevin. (2015). Berubah atau Punah: Pahami Burning Platform Quadrant Anda dan Raih Kesuksesan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Alex, K. (2008). Soft Skills: You Know Your Self and Know The World. New Delhi: S.Chan & Company PVT. LTD.

Andreas, Sarah. (2018). “Effects of the decline in social capital on college graduates’ soft skills.” SAGE International Journals, Diakses dari http://journals.sagepub.com/doi/full pada tanggal 22 Februari 2018

Anthony, Suzzane dan Garner, Benjamin. (2016). “Teaching Soft Skills to Business Students An Analysis of Multiple Pedagogical Methods.” SAGE International Journals Diakses dari http://journals.sagepub.com/doi/full pada tanggal 22 Februari 2018

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arjana, I. G. B, (2010). “Pendidikan Geografi dan Strategi Antisipasi Bencana Alam di Indonesia,” Makalah Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) XIII dan Konggres Ikatan Geografi Indonesia (IGI) IV, 11-12 Desember 2010 di Surabaya.

Arnata, I Wayan, (2014). “Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Barudi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 21 Nomor 1 April 2014, Denpasar: Universitas Udayana.

Azwar, Saifuddin. (1992). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik Kota Kupang. (2015). Angka Partisipasi Murni (APM) menurut Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin. Diakses dari https://kupangkota.bps.go.id/ pada tanggal 22 Februari 2018

Badan Pusat Statistik Kota Kupang. (2015). Angka Partisipasi Sekolah (APS) menurut Kelompok Umur. Diakses dari https://kupangkota.bps.go.id/ pada tanggal 22 Februari 2018

Dalyono, (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali, H dan Muljono, Pudji. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gibson, Ivancevich & Donnelly. (1996). Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Hadiwinarto. (2009). “Hubungan antara Budi Pekerti dengan Prestasi Belajar Siswa SMA” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 15 Edisi Khusu 1. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Indrawijaya, Adam. (1989). Perilaku Organisasi, Cetakan IV (Revisi). Bandung: Penerbit Sinar Baru.

Malhotra, Naresh K. (2012). Basic Marketing Research: Integration of Social Media. Indiana: Pearson.

Mar'at. (1984). Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

McDaniel,C.Jr. Gates, Roger. Sivaramakrishnan, Subramanian, & Main, Kelley. (2013). Marketing Research Essentials, 2nd Canadian Edition. Kanada: Wiley.

Md-Ali, R. Shaffie, F. & Yusof, F. M. (2016). Understandings and Conceptions of Soft Skills for Educators in Public Universities. The European Proceeding of Social and Behavioural Science. Diakses dari http://www.futureacademy.org.uk. pada tanggal 1 Mei 2018

Mueller, Daniel J. (1992). Mengukur Sikap Sosial. (Terjemahan: Kartawidjaja, Eddy. S.). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Notoatmodjo, Soekidjo. (1993). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi offset.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkancana, Wayan. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: PT Buku Seru.

Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Analisis Menyusun Tesis. Bandung: CV. Alfabeta.

Ritter, Barbara A., Small, Erika E., Jhon W. & Doll, Jessica L. (2017). Designing Management Curriculum for Workplace Readiness: Developing Students’ Soft Skills. SAGE International Journals. Diakses dari http://journals.sagepub.com pada tanggal 22 Februari 2018.

Rani, S.M.E. (2010). Need and Importance of Soft Skills in Students. Associate Professor in English, Sri Sarada College for Women, International Journals, Diakses dari http://citeseerx.ist.psu.edu. pada tanggal 1 Mei 2018

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Santoso dan Ashari. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SSPS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Santrock, Jhon W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Santrock, Jhon W. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Sarlito, Wirawan Sarwono. (1992). Psikologi Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Sarwono, S. W. (1995). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siahaan, N.H.T. (2004). Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan. Jakarta: Erlangga.

Siswanto. (2007). Kesehatan Mental; Konsep Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: penerbit C.V ANDI OFFSET.

Sekolah Lentera Harapan. (2016). Curriculum Framework. Karawaci: PDCE team

Soekamto, Toeti dan Winataputra, Udin Saripudin. (1997). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: P2T Universitas Terbuka.

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sujanto, Agus. (1989). Psikologi Umum. Jakarta: Aksara Baru.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarto, H & Hartono, B.A. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sunyoto, Suyanto. (2011). Analisis Regresi Untuk Uji Hipotesis. Yogyakarta: Caps.

Supranto. (2000). Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Susanto, Teguh. (2014). Soft Skills: Sukses di Dunia Kerja. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Thoha, Miftah. (1997). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Apliasinya. Jakarta: Grafinso Persada.

Thalib, S.B. (2013). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Media.

Theodore, G. (1996). Bisnis dan Managemen Buku Petunjuk bagi Manajer alih Bahasa Hadyana cetakan pertama. Jakarta: Arcan.

Published
2019-01-09
How to Cite
Ndun, A., Arjana, I. G., & Se, R. (2019). Pengaruh Persepsi, Sikap, dan Perilaku Terhadap Soft Skill Peserta Didik SMA Kristen 2 Kupang. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 1-14. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/28
Section
Articles