Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan

  • Andris Noya INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI AMBON
Keywords: Kecerdasan Emosi, Perilaku Prososial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap perilaku prososial siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 9 Halmahera Selatan yang berjumlah 171 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan wawancara. Dua angket yang disebarkan yakni angket kecerdasan emosi dan perilaku prososial. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi melalui program SPSS windows versi 22,0. Melalui analisis regresi diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar (r) = 0,765 para taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif signifikan kecerdasan emosi dengan perilaku prososial siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan.  

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-09
How to Cite
Noya, A. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Perilaku Prososial Siswa di SMA Negeri 9 Halmahera Selatan. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 28-34. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/25
Section
Articles