Ability in Writing the English Recount Text by the First Grade Students of SMA Swasta Beringin Kupang in the school year 2023/2024

English

Authors

  • Menti Safni Talan Program Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Yanrini M. Anabokay Universitas Persatuan Guru 1945 NTT
  • Rudolof Isu Universitas Persatuan Guru 1945 NTT

Keywords:

kemampuan, menulis, menceritakan kembali, teks bahasa Inggris

Abstract

“Kemampuan Menulis Teks Recount Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Swasta Beringin Kupang Tahun Ajaran 2023/2024”.

Penelitian ini berjudul “Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Bahasa Inggris oleh Siswa Kelas XI SMA Swasta Beringin Kupang pada tahun ajaran 2023/2024”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan dan mengidentifikasikesulitan siswa kelas satu SMA Swasta Beringin Kupang dalam dalam menulis teks recount bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif deskriptif dengan metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan dan kesulitan siswa kelas satu SMA Swasta Beringin Kupang dalam dalam menulis teks recount bahasa Inggris.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA Swasta Beringin Kupang. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas satu SMA Swasta Beringin Kupang yang terdiri dari 30 siswa dan penulis mengambil semua populasi sebagai sampel. sampel. Sampel dari penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwatingkat kemampuan siswa kelas X SMA Swasta Beringin Kupang tahun ajaran tahun ajaran 2023/2024 dalam menulis teks recount bahasa Inggris termasuk ke dalam dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan persentase tingkat kemampuan yang cukup sebesar 63,33%. yang lebih tinggi dari yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikasari Husna, A. M. (2019). Students’ Difficulties In Writing Recount TextAt Inclusion Classes. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 54-56.

Arikunto, Suharsimi. (1986). Prosedur Penelitian. Jakarta, PT Rineka Cipta Brown, Robert, M, 1946, Writing for Reader. Canada, Little Brown and Company.

Ahn, H. (2012). Teaching Writing Skills Based on a Genre Approach to L2 Primary School Students: An Action Research. Journal of English Language Teaching. 5, (2), 2-16.

Brown, H. (1994). Teaching by Principles: Teaching by Principles: An Interaction Approach to Language Paedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regents.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco: Longman.

Bruce, I. (2008). Academic Writing and Genre: A Systematic Analysis. London: Continuum.

Chaisiri, T. (2010). Implementing a Genre Pedagogy to the Teaching of Writing in a University on text in Thailand. Language Education in Asia, 1(16), 181-199.

Retrieved January, 4th 2014 from http://www.camtesol.org/Download/LEiA_Vol1_2010/LEiA_V1_16_Chaisi ri_Implementing_a_Genre_Pedagogy_to_the_Teaching_of_Writing.pdf

Collard, Jhon and Clinch, Linley. 1980, A Senior Core and Language Skills, Australia; Heineman Educational.

Gebhard, J.G. (2009). Teaching English as a Foreign or Second Language: A Self-Development and Methodology Guide. Michigan: The University of Michigan Press.

Gebhadt, R.C.1989. Writing Process and Intentions. Massachusetts Health and Company.

Hartfiel, V.F.1985.Learning ESL Composition London Newburry House Publisher

Homby, A.S.2000.Oxford Advanced Learner's Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press

Harmer, J. (2007). How to Teach English. England: Edinburgh Gate.

Hughes, Arthur. 1989. Testing for Languag Teachers.Cambridge: University Press Karus, M.M.2004. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Narasi dengan Teknik Macrocloze.

Keraf, Gorys.2000. Argumentasi dan Narasi.Jakarta:Gramedia Oshima, Alice and Hogue. 1990. An Introduction to Academic Writing. Second Edition

Nation, I. (2009). Teaching ESL/EFL Reading and Writing. Madison Ave, New York: Routtledge.

Nunan, D.. (2003). Practical English Language Teaching. Singapore: International Edition, McGraw-Hill.

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Sari, F. P. (2013). An Analysis of Students' Ability and Problems in Writing Recount Texts at grade VIII of SMP N 29 Padang. Journal of English Language Teaching, 84.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Talan, M. S., Anabokay, Y. M., & Isu, R. (2024). Ability in Writing the English Recount Text by the First Grade Students of SMA Swasta Beringin Kupang in the school year 2023/2024: English. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 34–43. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/179

Issue

Section

Articles