Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Tulungagung

Indonesia

Authors

  • Dian Nofitasari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

Metode Pembelajaran Picture and Picture, Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran  dan pengaruh metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTsN 2 Tulungagung, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Sampel yang diambil siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas K sebagai kelas kontrol, teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Tknik analisis data menggunakan uji-T independent samples test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat tahapan untuk memulai proses pembelajaran berupa penyusunan perencanaan pembelajaran, tahap merangsang untuk menarik proses belajar, tahap proses pembelajaran berlangsung, dan terakhir tahap evaluasi. (2) terdapat pengaruh dengan perhitungan  > , sementara itu diperoleh Sig. (2-tailed) adalah 0,002. Karena nilai Sig 0.002 < 0.05 maka ditolak dan  diterima dan besar pengaruh penerapan metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung dan . Diperoleh d (effect size) sebesar 0.66 termasuk kedalam kriteria sedang dengan rentang 0.50 < d > 0.80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauzatul, M. R & Candra, D. 2019. Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. (Madiun: UNIPMA Press).

Herdani. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal pendidikan, Vol. 2, No. 1, 10-22

Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena,

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Libby, Azaryahu. 2023. Defelopment of Creative Thinking Patterns Via Math And Music. Journal Thinking Sjills and Creative, Vo. 47. Diakses pada tanggal 5 Januari 2023.

Numan, Sumantri. 2001. Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Redaksi Sinar Grafika. 2014. Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Ritin, Uloli. 2021, Berpikir Kreatif Dalam Penyelesaian Masalah. Jember: CV. RFM. Pramedia Jember.

Sabri, Alisuf. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Susanto, dkk. 2020. Pedagogic Competence Development Model: Pedagogic Knowladge And Reflective Ability. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 422. Diakses pada tanggal 5 januari 2023.

Sofyan dan Ismail. 2018. Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA. Qordhul Hasan: Media Pengabdian Kepada MAsyarakat, 4(1), 65-75.

Utami, Munandar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar. Yogyakarta: CP Budi Utama

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Dian Nofitasari. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Negeri 2 Tulungagung: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/168

Issue

Section

Articles