Penerapan Media Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar
Indonesia
Keywords:
Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, faktor dan penyebab dan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi langkah-langkah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yaitu guru membuat media terlebih dahulu, kemudian siswa memperhatikan guru dalam menyampaikan materi, guru melihat apakah dalam penerapannya sudah sesuai dengan keinginan, guru melakukan evaluasi media apakah sudah sesuai dengan keinginan guru. Faktor pendukung dari dalam (internal) yaitu Minat belajar. Faktor pendukung dari luar (eksternal) yaitu Guru, keluarga dan teman. Faktor penghambat dari dalam (internal) yaitu kelelahan. Faktor penghambat dari luar (eksternal) yaitu kurangnya sumber belajar atau referensi, dan waktu. Dapat diketahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang dipakai oleh guru mata pelajaran IPS adalah dengan guru memberikan materi pembelajaran yang semestinya. Dengan adanya media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint menjadikan siswa memiliki motivasi belajar, lebih aktif sehingga dengan motivasi belajar yang baik bisa menjadikan hasil belajar yang lebih baik.
Downloads
References
Anwar Senen. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Azman, A., Nofrianti, N., & Rahmayanti, E. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Microsoft Power Point Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2023 5. 2, 15-21.
Hamzah B. Uno. 2012.Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Izzuddin Musthafa & Acep Hermawan. 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Marzuki, 2001. Metodologi Riset, Yogyakarta: BPEE UII Yogyakarta.
Muhibbudin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran Jakarta: Delia Press.
Sugiyono, 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Wandah Wibawanto. 2017. Desain dan Pemrogaman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Penerbit Cerdas Ule Kreatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.