Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung
Indonesia
Keywords:
Strategi Guru, Kesulitan Belajar, IPSAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor penyebab, dan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa meliputi siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam menghafal dan mengingat materi pembelajaran IPS, siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat intelegensi siswa, kurangnya minat belajar dari siswa, kurangnya motivasi, dan sikap malas pada siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor orang tua/keluarga, guru, dan lingkungan (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS meliputi strategi pembelajaran secara langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif.
Downloads
References
A.Rusdiana dan Yeti Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan. (Bandung: CV. Pustaka Setia)
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.
Abubakar, Rifa’I. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitati dan Kuantitatif. Yogakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Haris Herdiansyah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019.Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Apikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Ika Maryani, dkk. 2018. Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurhasanah, Siti dkk. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.
Oemar, Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Raco J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutikno, Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Bandung: CV. Adanu Abimata.
Tarra Anggun Cantika. 2014.Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pokok Bahasan Pajak Penghasilan Di Smp Fatahillah Pondok Pinang. Jakarta: Skripsi.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2009. Jakarta: Sinar Grafika.
UU. RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika
Yahya, Mohammad. 2020. Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press.
Zainiyati, Husniatus Salamah. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya: Putra Media Nusantara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.