Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot
Indonesia
Keywords:
Analisis faktor, Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran SDAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 4 langkah yang meliputi : 1)observasi, 2)pengumpulan data, 3)wawancara, 4) analisis data. Dalam pengamatan peneliti mengamatati bagaimana guru menggunakan media ajar dalam pembelajaran, berdasarkan pengamatan peneliti mengumpulkan data dan kemudian melaksanakan wawancara mengenai media ajar yang digunakan. Melalui wawancara kemudian ditarik kesimpulan faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil analisis data menunjukkan tidak semua guru memenuhi kriteria guru kreatif karena lemahnya pengetahuan kreativitas, namun guru terus menyempurnakan kreativitas dalam dirinya, sehingga kreativitas menjadi milik guru. Pengaruh kreativitas ini membuat anak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran
Downloads
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/630
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/1923.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Sukabumi.
Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma'mur, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah SMA Di Kota Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 21-30. https://ejournal.upi.edu/index.php/factum/article/view/38891.
HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 10-28.
Adirestuty, F,. Wiranda,Eri (2019). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4(1), 54-67. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/4017
Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi sistematik aspek kreativitas dalam konteks pendidikan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187-200. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/3533.
Telaumbanua, A. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 115-129. https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/44
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20173/10899.
Novita, Nina. (2020). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru Mengajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Nurhanifah, Siti (2018). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di TK B TKIT Raudhatul Jannah Bogor. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Safitri, Anggi . (2022). Analisis Kreativitas Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring SDN 04 Nambuhan Purwodadi pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.
Pambayu, Ryandani. (2018). Faktor – Faktor yang Mendukung Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugur 1 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.
Purnomo Arif., Tunjung, Ananda Sekar. (2020). Kreativitas Guru IPS dalam Pengembangan Media Pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1).70. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/38718
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.