Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot

Indonesia

Authors

  • Alifah Nur Istiqomah Istiqomah Institut PGRI Wates
  • Fya Tria Anggraeni Institut PGRI Wates
  • Windarni Lestari Institut PGRI Wates
  • Wulan Tri Puji Utami Institut PGRI Wates

Keywords:

Analisis faktor, Kreatifitas Guru, Media Pembelajaran SD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam pengembangan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 4 langkah yang meliputi : 1)observasi, 2)pengumpulan data, 3)wawancara, 4) analisis data. Dalam pengamatan peneliti mengamatati bagaimana guru menggunakan media ajar dalam pembelajaran, berdasarkan pengamatan peneliti mengumpulkan data dan kemudian melaksanakan wawancara mengenai media ajar yang digunakan. Melalui wawancara kemudian ditarik kesimpulan faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil analisis data menunjukkan tidak semua guru memenuhi kriteria guru kreatif karena lemahnya pengetahuan kreativitas, namun guru terus menyempurnakan kreativitas dalam dirinya, sehingga kreativitas menjadi milik guru. Pengaruh kreativitas ini membuat anak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci : Kreativitas Guru, Media Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fya Tria Anggraeni, Institut PGRI Wates

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut PGRI Wates

Windarni Lestari, Institut PGRI Wates

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut PGRI Wates

Wulan Tri Puji Utami, Institut PGRI Wates

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut PGRI Wates

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/630

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/1923.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Sukabumi.

Febriyanti, E., Kusmarni, Y., & Ma'mur, T. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Sejarah Daring (Studi Deskriptif Terhadap Guru Sejarah SMA Di Kota Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 21-30. https://ejournal.upi.edu/index.php/factum/article/view/38891.

HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 10-28.

Adirestuty, F,. Wiranda,Eri (2019). Pengaruh self-efficacy guru dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal wahana pendidikan, 4(1), 54-67. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/4017

Amrullah, S., Tae, L. F., Irawan, F. I., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2018). Studi sistematik aspek kreativitas dalam konteks pendidikan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187-200. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/psy/article/view/3533.

Telaumbanua, A. (2020). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Meningkatkan Prestasi Siswa. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 115-129. https://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/44

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20173/10899.

Novita, Nina. (2020). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru Mengajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Nurhanifah, Siti (2018). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di TK B TKIT Raudhatul Jannah Bogor. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Safitri, Anggi . (2022). Analisis Kreativitas Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring SDN 04 Nambuhan Purwodadi pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Semarang.

Pambayu, Ryandani. (2018). Faktor – Faktor yang Mendukung Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugur 1 Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.

Purnomo Arif., Tunjung, Ananda Sekar. (2020). Kreativitas Guru IPS dalam Pengembangan Media Pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1).70. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/38718

Published

2023-07-21

How to Cite

Istiqomah, A. N. I., Anggraeni, F. T. A., Lestari, W. L., & Tri Puji Utami, W. T. P. U. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot: Indonesia. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 10–18. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/126

Issue

Section

Articles