Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Tulungagung
Indonesia
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Solving, Minat Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023? (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023? (3) Untuk Mengetahui dampak penerapan model pembelajaran saintifik berbasis problem solving untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung 2022/2023?. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami kondisi lapangan dan peristiwa yang terjadi di lokasi serta yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk memecahkan masalah dan menjadikan minat belajar siswa menjadi lebih baik serta meningkat. Dari paparan penemuan yang peneliti temukan dilapangan bahwa siswa memahami masalah dalam kehidupan nyata dan mendorong untuk memikirkan situasi ketika ada permasalahan sehingga siswa lebih berpikir kritis dalam memecahkan sebuah masalah.
Downloads
References
Adang dkk, Metodologi pembelajaran problem solving, (Yogyakarta: Bumi Aksara, 2013)
Ahmad Rukhmin. 2020. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTsN 1 Purworejo. Fakultas ilmu agama aislam prodi studi magister agama islam. Yogyakarta.
Bahtiar. 2015. Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: Institut Agama Islam Negeri Mataram)
Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa (Yogyakarta: Deepublish, 2017)
Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002)
Gulo, W. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2002)
J Lexy. Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2003)
Jodian Siburian, dkk. 2010. Panduan Materi Pembelajaran Model Pembelajaran Sains. Jambi: Universitas Jambi
Mujtahid. 2011. Pengembangan Profesi Guru. (Malang: Uin Maliki Press)
Nadir, dkk Ilmu Pengetahuan Sosial, Surabaya: Amanah Pustaka. 2009
Nasution, S. Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009)
Polya, George. 1985. How To Solve It 2nd Ed Princeton University Press, New Jersey.
Slameto. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Bina Aksara, 2003)
Subyosubroto. 1988. Dasar-dasar Psikologi Untuk Pendidikan di Sekolah. (Jakarta: PT Prima Karya)
Sudjana, N. 2010. Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2019)
Susanto Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta. Bumi aksara.
Wena Made. Strategi Pembelajaran. (Bandung: CV Wacana Prima, 2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.