Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Dalam Pembelajaran IPS Subtema Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Di Kelas VIII MTsN 1 Ngawi
Indonesia
Keywords:
Pengembangan, Media Infografis, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 2)untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifa media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi 3) untuk mengatuhi respon minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran infografis pada pembelajaran IPS subtema kedatangan bangsa-bangsa barat ke Indonesia kelas VIII di MTsN 1 Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Hasil dari penelitian tingkat kevalidan dari ahli media 93,5%, ahli materi 91,25% sehingga media valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan diperoleh hasil angket respon siswa 96%, hasil pengematan aktivitas siswa 19%, dan nilai postest 86% sehingga media dikategorikan “praktisâ€. Tingkat keefektifan siswa berdasarkan hasil Paired Sample Test memperoleh 0,000<0.05 artinya terdapat pebredaan sebelum dan sesudah menggunakan media infografis sehingga dikategorikan “efektifâ€. Hasil dar angket minat belajar siswa mendapatkan presentae 96% dapat dikatakan media infografis dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Downloads
References
Hermawan, Asep. (2014). Konsep Belajar dan dan Pembelajaran Menurut Al-Ghazali. Jurnal Qathruna. No 1, Vol 1. 89
Khusna, Nur Isroatul. (2022). Pemanfaatan Video Youtuve Sebagai Media Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di Tingkat SMP. Jurnal Education Science. No 1, Vol 2. 106
Mansur, Hamasi, Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. No 1, Vol 4. 138
Nurhasanah, Siti, A Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajamen Perkantoran. No 1, Vol 1. 130-131
Oktavia, Lisa. (2017). Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV BErbasisi Multimedia. Seminar Nasional Dinamika Informatika : Universitas PGRI Yogyakarta. 156
Rosinidar, Zulfan, dan Nuraisah. (2020). Pengaruh Peggunaan Media Pembelajaran Sejarah Infografis Pada Materi Pergerakan Nasional Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, No 1, Vol 5. 43-33
Senjaya, Wenny Franciska. (2019). Peran Infografis Sebagai Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. No 1, Vol 2. 56
Siswka, Yuli. (2016). Konsep Dasar IPS. Penerbit Garudhawaca:Yogyakarta. 7
Suptodewo, Febrianti. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain. No 3. Vol 1. 194
Zakia, Ahmad, Diyan Yusri. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan. No 2. Vol 1. 813
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciencias : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.