Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Lokot Lokot SMPN 1 KUNTO DARUSSALAM

Keywords:

pembelajaran kooperatif tipe, Think Pair Share, media gambar, hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1  Kunto Darussalam tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 7 September sampai dengan  29 September 2015.Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11  siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar yang diperoleh dari nilai PPK dan KI. Daya serap hasil belajar siswa sebelum PTK 69,25 meningkat sebesar 13,24% pada siklus 1 menjadi 82,49  dan pada siklus II meningkat 5,21 % menjadi 87,70.Ketuntasan Klasikal siswa sebelum PTK 55 pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 45% menjadi 100, pada siklus II tuntas 100% .Ketuntasan nilai KI sebelum PTK 65% dan meningkat 25% menjadi 90% dan pada siklus II meningkat 10 % menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIb SMPN 1 Kunto Darussalam Tahun Ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-09

How to Cite

Lokot, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 47–54. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/32

Issue

Section

Articles